Nasi Serpang, Makanan Khas Madura Jawa Timur



Selain populer dengan kulinernya yang bernama sate, ada lagi kuliner Madura yang tidak kalah asyik untuk dicicipi. Nasi Serpang namanya. Karena makanan ini berasal dari Madura, maka kuliner ini populer dengan Nasi Serpang Madura.

Makanan ini tergolong unik, selain dikarenakan citarasanya yang khas, makanan ini juga memasukkan semua unsur yang ada di Pulau Madura. Lauk pauk yang disajikan bersamaan dengan nasi diantaranya adalah pepes ikan tongkol, kerang masak sambal goreng, telor asin masir, sambal terasi, soun bumbu kecap, krupuk bumbu rujak, dendeng daging sapi Madura dan kripik paru. Intinya, makanan ini seakan-akan mengajak orang yang mencicipinya seperti berplesir ke pedalaman melalui simbol-simbol yang ada pada lauk pauknya.

Nasi Serpang

Keunikan dari makanan ini antara lain tidak adanya sayur yang ada diantara lauk pauknya. Citarasa punel di nasinya merupakan hasil dari tata cara pendinginan nasi yang memang telah menjadi ciri khas kuliner Madura. Selain itu sambal terasinya yang bertekstur kasar menyerupai petis, menjadikan makanan satu ini berbeda dari makanan lainnya.

Suka artikel berjudul Nasi Serpang, Makanan Khas Madura Jawa Timur, Yuk bagikan ke: