Nasi Tiwul Ikan Kelong, Makanan Khas Pacitan Jawa Timur



Untuk masyarakat kota, mungkin nasi tiwul masih terasa asing. Ya, makanan tradisional khas Tanah Jawa ini identik dengan masyarakat pedesaan yang mempunyai bahan khas dari singkong yang dikeringkan atau masyarakat biasa menyebutnya dengan gaplek.

Salah satu daerah yang terkenal dengan nasi tiwulnya yaitu Pacitan. Di daerah yang terkenal mempunyai banyak pantai ini, nasi tiwul disajikan dengan beberapa lauk khas seperti sayur tahu tempe, ikan kelong goreng, dan tidak ketinggalan sambal dengan tambahan timun. Ada yang unik dari ikan kelong ini yang tidak lain adalah anak ikan hiu yang dipotong menjadi beberapa bagian.

Nasi Tiwul Ikan Kelong

Paduan nasi tiwul dengan aneka macam lauk pauk menjadikan kuliner satu ini begitu nikmat ketika disantap. Rasa ikan kelong memberikan nuansa berbeda ketika menyantap nasi tiwul. Gurih dan sedikit aroma jahe begitu terasa ketika daging ikan ini berada di mulut. Tambahan sayur tempe tahu dan juga udang didalamnya juga membuat nasi tiwul menjadi sangat kaya rasa. Untuk sedikit menambah selera makan, sambal dan juga potongan ketimun menjadi pelengkap yang cocok untuk nasi tiwul. 

Nasi Tiwul adalah nasi yang mempunyai bahan dasar dari gaplek. Gaplek sendiri merupakan singkong yang sudah dikeringkan, biasanya dengan dijemur dibawah terik matahari. Dari bahan gaplek itulah proses awal cara membuat tiwul sampai menjadi Nasi Tiwul. Dari awal bentuk gaplek yang berwarna putih lalu sesudah menjadi nasi berubah sedikit kecoklatan.

Suka artikel berjudul Nasi Tiwul Ikan Kelong, Makanan Khas Pacitan Jawa Timur, Yuk bagikan ke: