Pagoda Buddhagaya, di Watugong Semarang Jawa Tengah



Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong ini merupakan tempat ibadah bagi umat budha yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, yaitu tepatnya di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang. Pagoda ini merupakan yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian hingga mencapai 45 meter.

Pagoda ini mempunyai 7 (tujuh) tingkatan yang didesain semakin keatas maka semakin menyempit. Desain arsitekturnya yang sangat indah, membuat Pagoda Budhagaya Watugong ini begitu sangat dikagumi oleh berbagai kalangan.

Pagoda Buddhagaya ini juga dikenal dengan nama Pagoda Dewi Kwan Im. Sebutan tersebut ditujukan karena ada patung Dewi Kwan IM yang akan menyambut para pengunjung saat berkunjung kesini. Pagoda ini juga mempunyai nama lain Pagoda Metakaruna atau Pagoda Cinta Kasih dikarenakan keberadaannya untuk menghormati figur Kwan Sie Im Po Sat, yaitu sang Dewi cinta kasih.

Suasana di Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Dalam pagoda ini dibangun sebuah patung Bodhisattva Avalokiteswara yang berdiri kokoh menghiasi interior pada bangunan pagoda. Umat budha umumnya melakukan ritual Tjiam Shi di pagoda ini, yaitu sebuah ritual untuk mengetahui nasib manusia.

Para pengunjung juga dapat melakukannya dengan cara menggoyangkan bambu-bambu yang diberi tanda sampai salah satunya terjatuh. Selain itu, bagi pengunjung yang menyukai ramalan, di pagoda ini juga bisa meminta petugas pagoda untuk membacakan nasib dari ramalan Tjiam Shi.

Pada pelataran pagoda, pengunjung bisa melihat patung Sidharta Gautama yang duduk dibawah pohon Bodhi yang rindang sedangkan pada area belakang ada patung budha tertidur berwarna cokelat dengan pakaian serta tubuh berwarna emas.

Suka artikel berjudul Pagoda Buddhagaya, di Watugong Semarang Jawa Tengah, Yuk bagikan ke: