Patung Buddha 4 Wajah di Surabaya Jawa Timur



Bila anda sedang berada di Kawasan Kenjeran, maka jangan lupa untuk mampir ke tempat satu ini. Di sini para pengunjung dapat melihat patung Buddha yang mempunyai 4 (empat) wajah dan 8 (delapan) tangan paling tersohor dan terkenal di Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Letak Patung Buddha ini berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran, yaitu tepatnya dekat Klenteng Sanggar Agung. Di sini para pengunjung dapat melihat patung ini dari dekat. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat mengabadikan momen bersama dengan patung ini.

Patung Buddha 4 (empat) wajah dengan 8 (delapan) tangan ini mempunyai warna emas. Patung yang peresmiannya dilakukan pada bulan November 2004 ini mempunyai tinggi yang jika digabungkan dengan puncak kubahnya mencapai sekitar 36 meter.

Keempat wajah Patung Buddha ini melambangkan sifat kebaikan dari Sang Buddha yakni, murah hati, pengasih, adil, dan juga meditasi. Sementara 8 (delapan) tangannya melambangkan kekuatan Buddha dan juga memegang benda-benda yang berbeda. Ada yang memegang tasbih, cakram, cupu berisi air suci, tongkat kebesaran, kitab suci, kerang, dan juga teratai. Satu tangan kanannya juga memegang dada.

Suasana di sekitar Patung Buddha 4 wajah

Satu yang unik dari keberadaan patung ini, yaitu setiap ukuran-ukuran patung mengandung unsur angka 9 (sembilan).Seperti pada panjang sisi alasnya dan tingginya yang semuanya mengandung unsur angka 9 (sembilan). Angka 9 (sembilan) ini merupakan angka tunggal tertinggi, sekaligus juga sebagai lambang kesempurnaan.

Berada di sekitar patung ini, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana yang asri dengan taman-taman yang ada di sekitar patung. Pepohonan yang rindang menjadikan ketika berada di area ini terasa begitu nyaman dan juga menyenangkan.

Indonesia sendiri mempunyi beberapa Patung Buddha yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tercatat Indonesia mempunyai 4 (empat) patung Buddha tidur yang terkenal, yakni di Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong di Semarang, Vihara Dhammadipa Arama di Malang, dan yang terakhir Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat di Bogor.

Suka artikel berjudul Patung Buddha 4 Wajah di Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: