Patung Sura dan Buaya, Lambang Kota Surabaya Jawa Timur



Bila anda pernah berada di Surabaya, Jawa Timur, pastinya ingat dengan patung yang satu ini. Patung Sura dan Buaya namanya, patung satu ini menjadi simbol dari kawasan berjuluk kota Pahlawan ini.

Nama Surabaya sendiri berasal dari 2 (dua) hewan yang menjadi simbol ini yakni Sura yang mempunyai arti hiu dan Baya yang mempunyai arti buaya. Konon hal tersebut dikaitkan dengan kisah dari perkelahian hidup dan mati antara Adipati Jayengrono yang menguasai ilmu buaya serta Sawunggaling yang menguasai ilmu sura.

Patung Sura dan Buaya

Setidaknya terdapat 3 (tiga) titik lokasi Patung Sura dan Buaya ini di Surabaya. Diantaranya adalah monumen berdiri di Bantaran Sungai Kalimas, yaitu tepatnya berada di Taman Skate dan Board di Jalan Ketabang Kali dan juga Monumen Di Bundaran Jalan Tanjung Priok.

Patung Sura dan Buaya ini selalu menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Berfoto di depan patung ini menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para wisatawan baik itu dari dalam dan luar negeri. Bahkan ada sebuah pendapat yang mengatakan, seperti ada yang kurang bila ke Surabaya belum berfoto di depan patung yang menjadi ikon dari kota terbesar kedua di Indonesia ini.

Suka artikel berjudul Patung Sura dan Buaya, Lambang Kota Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: