Pecel Semanggi, Makanan Khas Jawa Timur



Semanggi adalah tanaman liar yang banyak ditemukan di daerah persawahan dan juga di tepian sungai. Tetapi siapa yang sangka, daun semanggi yang berbentuk unik ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Seperti pecel Semanggi misalnya, kuliner khas Provinsi Jawa Timur ini memakai bahan utama berupa daun semanggi.

Selain daun semanggi, didalam satu porsi pecel semanggi juga ada bahan-bahan lain, seperti kecambah dan daun kangkung. Untuk dapat membuat pecel semanggi sangat sederhana, mula-mula cuci semua bahan hingga bersih. Setelah itu, rebus didalam air dalam waktu yang tidak terlalu lama, hal tersebut dilakukan agar daun semanggi tidak mudah hancur ketika disajikan.

Pecel Semanggi

Sebagai kuliner khas Provinsi Jawa Timur, pecel semanggi biasa disajikan pada wadah daun pisang serta ditambah siraman sambal kacang. Uniknya, meskipun tiap daerah di Jawa Timur mengenal kuliner pecel semanggi, tetapi sambalnya memiliki perbedaan rasa. Sambal pecel semanggi dari Surabaya yang lebih manis ketimbang sambal pecel semanggi dari Pasuruan, karena memakai ketela sebagai bahan pembuatannya.

Menyantap pecel semanggi akan lebih nikmat bila ditambah dengan kerupuk uli yang terbuat dari beras. Dengan harganya yang terjangkau, pecel semanggi menjadi kudapan nikmat dengan harga murah yang hanya dapat ditemukan di Provinsi Jawa Timur. Namun sayang, penjual pecel semanggi saat ini semakin jarang ditemukan. Perlu perhatian dari pecinta kuliner nusantara untuk melestarikan kuliner yang satu ini, pasalnya selain rasanya yang nikmat, pecel semanggi juga mujarab menangkal osteoforosis.

Suka artikel berjudul Pecel Semanggi, Makanan Khas Jawa Timur, Yuk bagikan ke: