Ranu Grati, Wisata Danau di Pasuruan Jawa Timur



Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai luas lebih dari 1000 m2 dan dibagi menjadi 24 kecamatan. Memiliki julukan sebagai City Of Mountain, Kabupaten Pasuruan dikenal kawasan yang memiliki keindahan alam dan budaya yang menakjubkan. Salah satu keindahan alam yang terdapat di Kabupaten Pasuruan yaitu Ranu Grati.

Ranu atau sepadan maknanya dengan danau, yakni cekungan besar yang menampung air, terbentuk secara alamiah maupun hasil buatan manusia. Menurut catatan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan, Ranu Grati ini merupakan danau alamiah yang memiliki luas sekitar 1085 hektar dan merupakan satu-satunya danau yang berada di dataran rendah Provinsi Jawa Timur.

Ranu Grati secara administrasi masuk dalam 3 (tiga) wilayah desa, yakni Desa Ranuklindungan, Desa Sumberdawesari, serta Desa Gratitunon. Keberadaan Ranu Garti tak lepas dari legenda yang melingkupinya. Legenda yang berlatar belakang Kerajaan Majapahit ini menceritakan amarah Begawan Nyampo kepada masyarakat yang sudah membunuh puteranya yang berwujud ular bernama Baru Klinting.

Di dalam amarahnya, Begawan Nyampo menantang masyarakat Desa Kademangan Klindungan untuk dapat mencabut tongkat yang ditancapkannya sendiri, barang siapa yang dapat mencabut tongkat tersebut, orang itu adalah lawan yang tepat bagi Begawan Nyampo. Seluruh orang di desa Kademangan Klindungan lalu mencoba mencabut tongkat tersebut, tetapi tidak ada satu pun yang berhasil. Sampai akhirnya Begawan Nyampo mencabut sendiri tongkat tersebut, dan kemudian keluarlah mata air yang begitu deras menggenangi desa menjadi sebuah danau yang saat ini dikenal dengan nama Ranu Grati.

Suasana di Ranu Grati

Memasuki ke kawasan Ranu Grati mata pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan air yang begitu tenang. Dari air tergambar refleksi pemandangan alam yang ada disekitarnya. Diseberang terlihat beberapa orang yang sedang sibuk dengan keramba ikan miliknya, mengingat Ranu Grati ini selalu dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk budidaya ikan air tawar. Sementara disisi lain terlihat jajaran perahu-perahu yang sedang bersandar. Dari atas perahu-perahu itulah beberapa orang sedang asik bercengkerama sambil memancing.

Selain tidak jarang digunakan sebagai spot alternatif bagi para pecinta olahraga memancing, Ranu Grati juga selalu menjadi destinasi wisata keluarga di Kabupaten Pasuruan. Pasalnya, di Ranu yang mempunyai latar belakang pegunungan nan indah ini, ada berbagai fasilitas pariwisata, diantaranya seperti perahu boat, sepeda perahu, serta beberapa warung makan dengan sensasi makan di atas perahu. Jangan terburu-buru pulang saat berada disini, karena Ranu Grati dikenal memiliki pemandangan matahari terbenam yang terkenal indah dan menawan.

Suka artikel berjudul Ranu Grati, Wisata Danau di Pasuruan Jawa Timur, Yuk bagikan ke: