Rujak Juhi, Makanan Khas Betawi



Betawi merupakan suku asli yang mendiami Provinsi Jakarta. Perpaduan ragam budaya menghasilkan budaya baru yang unik dan juga kaya. Tidak ketinggalan juga dengan kulinernya yang lezat. Salah satunya yaitu rujak juhi atau mi juhi. Makanan satu ini menawarkan rasa yang sangat gurih dibalut dengan bumbu kacang yang segar.

Rujak juhi ini menggunakan juhi sebagai bahan utamanya. Juhi sendiri merupakan cumi-cumi yang sudah melalui proses fermentasi dan dikeringkan. Nama juhi ini sendiri diberikan oleh orang-orang tiongkok yang sangat menyukai jenis olahan satu ini.

Rujak Juhi

Selain itu, rujak juhi juga memakai bahan-bahan yang sehat dan alami. Bahan seperti kol, kentang, selada, dan juga timun menjadi bahan pelengkap makanan satu ini.

Layaknya rujak pada umumnya, rujak juhi ini juga memakai bumbu atau saus sebagai penambah cita rasa. Satu yang membedakan rujak juhi ini dengan rujak lainnya, rujak juhi tidak memakai saus yang diolah memakai gula jawa dan cabai, melainkan saus kacang yang segar. Saus kacang ini disiram dibagian atas yang menambah selera ketika kita hendak mencobanya. Tidak ketinggalan kerupuk mie yang menjadi kudapan pelengkap pada kuliner khas tanah Betawi ini.

Suka artikel berjudul Rujak Juhi, Makanan Khas Betawi, Yuk bagikan ke: