Sale Pisang, Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur



Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, dahulu pernah mendapat julukan kota pisang. Sebutan tersebut tidaklah sembarang diberikan kepada kabupaten yang lokasinya paling timur di Pulau Jawa ini. Pada era 1980-an masyarakat Kabupaten Banyuwangi banyak yang menanam pohon pisang di pekarangan rumahnya. Banyaknya pisang di kabupaten ini, membuat generasi muda disana membuat olahan kuliner berbahan dasar dari pisang, salah satunya adalah sale pisang.

Sale pisang sendiri merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama buah pisang yang telah dikeringkan dengan rasa manis dan enak. Terdapat beraneka jenis sale pisang yang dibuat disini antara lain, sale pisang basah, sale pisang goreng, sale pisang gulung.

Ada satu jenis sale pisang yang unik yakni sale pisang model anggur. Sekilas bentuk dari sale pisang ini memang terlihat seperti anggur dengan bentuk yang bulat dan juga sedikit bergulung-gulung sampai masyarakat disana menyebut sale pisang ini dengan sebutan sale pisang anggur.

Sale Pisang

Kabupaten Banyuwangi memang terkenal sebagai salah satu sentra yang memproduksi pisang sale di Provinsi Jawa Timur. Tidak heran banyak kita temui toko-toko yang menjual sale pisang dibeberapa sudut jalan di Kabupaten Banyuwangi. Harga yang ditawarkan untuk satu bungkus pisang sale pun relatif terjangkau antara Rp10.000 sampai Rp25.000 tergantung dari berat isi didalam kemasan sale pisang tersebut. Tidak lengkap rasanya jika anda mengunjungi Banyuwangi atau sekedar melewati kawasan ini tanpa membeli makanan khas Banyuwangi sale pisang.

Suka artikel berjudul Sale Pisang, Makanan Khas Banyuwangi Jawa Timur, Yuk bagikan ke: