Situs Duplang, Situs Kuno di Jember Jawa Timur



Menjelajahi Provinsi Jawa Timur belum lengkap rasanya bila belum singgah ke Jember, yaitu satu kabupaten di Jawa Timur yang selama ini terkenal kaya akan peninggalan kepurbakalaan. Termasuk salah satunya yaitu situs Duplang yang berada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, yaitu sebuah desa terpencil di lereng Gunung Argapura, Kabupaten Jember. Untuk menuju ke situs ini, dari alun-alun Kota Jember ke Desa Kamal hanya berjarak sekitar 16 km, namun akses jalan yang rusak dan juga sempit membuat perjalanan menuju ke lokasi ini menjadi sedikit lebih lama.

Berada di lahan yang berukuran tidak lebih 10x10 meter ini, Situs Duplang menyimpan sejarah panjang mengenai peradaban manusia nusantara di masa lalu. Sudarman Abdurahim, yaitu juru pelihara situs Duplang, mengatakan, "situs ini munculnya diabad ke-10, bergantian dengan munculnya Candi Borobudur diabad ke-9. Banyak yang mepercayai ini sudah ada sejak abad ke-4. Dan memang disini ini merupakan salah satu perkampungan purbakala di Provinsi Jawa Timur, selain Kendal dan juga Trowulan".

Sudarman menambahkan, di dalam Situs Duplang ini ada berbagai benda peninggalan zaman purbakala, diantaranya adalah menhir, watu kenong, dan juga dolmen. Menurut pengakuan Sudarman, berbagai benda peninggalan ini masih berada di posisinya, persis saat pertama kali ditemukan.

Suasana di Situs Duplang

Benda-benda peninggalan purbakala ini mempunyai fungsinya masing-masing. Menhir sendiri merupakan batu tegak yang dipakai sebagai benda pemujaan bagi arwah leluhur. Watu kenong yakni batu yang dipakai sebagai tempat persembahan bagi arwah atau roh leluhur. Di Situs Duplang, ada 2 (dua) jenis watu kenong, yakni watu kenong tunggal dan watu kenong kembar. Sedangkan pada dolmen berfungsi sebagai kubur batu yang terdiri dari batu besar yang ditopang oleh 4 sampai 6 batu pada sisi-sisinya, lalu ditutup dengan batu pipih lebar.

Situs Duplang ini kerap disinggahi mereka yang ingin mengetahui sejarah dari peradaban masa silam nusantara. Lebih dari destinasi wisata sejarah di Kabupaten Jember, Situs Duplang ini membuka mata dunia bahwa peradaban manusia nusantara telah ada sejak berabad-abad silam. Situs Duplang, kekayaan heritage yang dipunyai Indonesia, suatu karunia yang harus dijaga sebagai bentuk dari penghormatan kepada akar kebudayaan manusia Indonesia.

Suka artikel berjudul Situs Duplang, Situs Kuno di Jember Jawa Timur, Yuk bagikan ke: