Soto Banjar, Makanan Khas Suku Banjar Kalimantan Selatan

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Kalimantan Selatan mempunyai satu kuliner khas yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, yaitu Soto Banjar. Soto khas Provinsi yang mempunyai ibukota di Banjarmasin ini menjadi makanan wajib yang harus dicoba untuk siapa saja yang mengunjungi kota seribu sungai ini.

Soto Banjar biasanya berisi aneka bahan-bahan seperti bihun, ayam kampung, telur rebus, serta taburan bawang goreng yang menjadikan Soto Banjar ini begitu menggugah selera untuk dinikmati.

Belum lagi tambahan denganperkedel di dalam soto, menjadikan Soto Banjar ini menjadi sajian lengkap untuk dinikmati. Satu hal yang menjadikan Soto Banjar ini terasa begitu khas, yaitu pada citarasa kuahnya yang bening. Aroma rempah-rempah khas kuliner Provinsi Kalimantan Timur pada kuah soto begitu sangat terasa. Belum lagi tambahan jeruk nipis yang membuat kuah Soto Banjar ini terasa begitu segar.

Soto Banjar sangat cocok dinikmati dengan lontong. Campuran kuah beningnya dan juga legitnya lontong serta taburan bawang goreng menjadi paduan yang cocok untuk dinikmati.

Soto Banjar

Nama Soto Banjar ini sendiri diambil dari nama suku mayoritas yang mendiami wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu suku Banjar. Tetapi ada juga versi lain yang menyebutkan bahwa Soto Banjar dibawa oleh tentara Demak saat memberikan bantuan kepada Kerajaan Banjar.

Untuk anda yang kebetulan berada di Provinsi Kalimantan Selatan, jangan lewatkan untuk mencoba sajian kuliner Soto Banjar ini. Penjual soto ini banyak ditemukan di wilayah Banjarmasin dan juga di sekitarnya. Untuk satu porsi Soto Banjar umumnya dijual dengan kisaran harga Rp. 20.000 sampai Rp. 25.000.

No comments: