Suwar Suwir, Makanan Khas Jember Jawa Timur



Selain prol tape, Kota Jember mempunyai satu lagi makanan khas yang terbuat dari bahan utama tape yaitu suwar suwir. Makanan yang sekilas mirip dengan dodol ini menjadi salah satu buah tangan favorit untuk para wisatawan yang datang ke kota yang terkenal dengan Jember Fashion Carnavalnya ini.

Suwar suwir terbuat dari bahan tape singkong yang dicampur dengan susu, gula, dan cokelat. Campuran bahan-bahan tersebut menghasilkan olahan suwar suwir yang mempunyai rasa manis dan legit. Makanan ini mempunyai tekstur yang sedikit lebih keras dari dodol tetapi begitu masuk dalam mulut kita rasa manisnya seperti mencair dan akan membuat kita ketagihan untuk terus menikmatinya.

Suwar suwir mempunyai bentuk kotak-kotak kecil yang sedikit memanjang. Makanan yang satu ini mempunyai aneka rasa seperti sirsak dan stroberi, cokelat, pandan, dan vanili. Selain itu, untuk menarik perhatian para pembeli, makanan yang satu ini biasanya mempunyai warna-warna cerah seperti warna hijau, putih, cokelat sampai merah.

Suwar Suwir

Konon, suwar suwir sudah menjadi oleh-oleh khas Kota Jember sejak zaman Belanda. Meskipun ukurannya kecil, makanan ini hingga saat ini telah identik sebagai ikon oleh-oleh dari kota yang berjuluk kota tape ini.

Suwar suwir ini memang cocok menjadi teman keetika bersantai. Sambil ditemani dengan secangkir teh atau kopi, makanan ini sangat pas dijadikan camilan bersama dengan keluarga di rumah. Di saat ini memang hanya untuk camilan.

Harga dari suwar suwir juga relatif terjangkau. Makanan ini dijual dengan harga Rp15.000 sampai  Rp20.000 per kilogram. Jika anda sedang berkunjung ke Kota Jember, Provinsi Jawa Timur, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk membeli makanan khas ini untuk kerabat di rumah.

Suka artikel berjudul Suwar Suwir, Makanan Khas Jember Jawa Timur, Yuk bagikan ke: