Tahu Campur, Makanan Khas Surabaya Jawa Timur



Tahu campur namanya, kuliner khas Provinsi Jawa Timur ini menjadi salah satu makanan yang paling diburu oleh para pecinta kuliner saat berada di kawasan Surabaya dan sekitarnya. Mempunyai rasa yang enak dengan sedikit nuansa bumbu petis didalamnya.

Tahu campur terbuat dari bahan-bahan seperti, tahu goreng, taoge, selada air, daging sapi kenyal, mie kuning. Semua bahan-bahan tersebut dipotong-potong kemudian disiram kuah yang terbuat dari aneka bumbu-bumbu yang telah dicampur dengan petis, bumbu masakan khas Surabaya. Untuk menambah cita rasa tahu campur lebih enak tambahkan sambal dan kerupuk udang. Taburan bawang goreng menjadi penambah selera ketika kuliner ini disajikan.

Uniknya, tahu campur ini juga menggunakan perkedel singkong yang terbuat dari singkong yang telah diparut kemudian dicampur dengan kuah yang terbuat dari aneka bumbu seperti bawang putih, ketumbar, daun jeruk, jinten, bawang merah, laos dan garam yang sudah dihaluskan.

Proses pembuatan Tahu Campur

Tahu campur sendiri berasal dari Lamongan, tetapi di tempat asalnya kuliner ini jarang sekali ditemukan. Tahu campur ini justru banyak ditemukan di sekitar kawasan Surabaya. Di Kota Pahlawan ini anda dapat menemukan di sudut-sudut kota seperti di Jalan Pacar Keling dan Jalan Kalasan, Surabaya.

Harga tahu campur ini relatif terjangkau dan tidak menguras kocek Anda. Kuliner ini biasa dijual dengan kisaran harga Rp10.000 sampai Rp20.000 per-porsi. Bagi anda yang kebetulan sedang berada di Surabaya, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas satu ini.

Suka artikel berjudul Tahu Campur, Makanan Khas Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: