Taman Bungkul, Taman Kota di Surabaya Jawa Timur



Keberadaan sebuah taman di tengah kota bukanlah pemanis belaka, namun lebih dari itu, taman kota menjadi tempat yang penting untuk bersosialisasi, sehingga akan terjalin rasa saling mencintai dan juga menghormati antar sesama yang berimbas pada kuatnya sebuah kebhinekaan Indonesia. Pentingnya keberadaan taman kota itulah yang mendorong diberbagai kota di Indonesia turut berupaya untuk mendirikan taman, tidak terkecuali di Surabaya, Provins Jawa Timur.

Taman kota Surabaya bernama Taman Bungkul, pemberian nama tersebut tidak lepas dari sejarah keberadaan Mbah Bungkul, yakni ulama termasyur dari abad-15 yang juga masih memiliki pertalian darah dengan Sunan Ampel. Diresmikan sejak tanggal 21 Maret 2007, Taman Bungkul ini berdiri di jantung Kota Surabaya, yaitu tepatnya di Jalan Raya Darmo. Lokasinya yang sangat strategis, membuat Taman Bungkul bisa diakses dari berbagai arah.

Taman Bungkul tidak pernah sepi dari para pengunjung, pasalnya di taman yang berdiri di atas lahan seluas 900 m2 ini ada berbagai fasilitas pendukung. Faslitas pendukung tersebut diantaranya adalah jogging track, kran air siap minum, spot berlatih skateboard dan BMX, taman bermain anak, amphiteater dengan panjang diameter hingga mencapai 33 m, dan fasilitas hotspot dibebepara titik taman.

Suasana di Taman Bungkul

Di akhir pekan, tidak jarang Taman Bungkul ini kerap mengadakan berbagai acara panggung hiburan, seperti konser musik dan seni budaya. Selain itu, Taman yang selalu hidup 24 jam non-stop ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai komunitas anak-anak muda di Surabaya, seperti komunitas skateboard, BMX, moge, sampai komunitas kesenian.

Taman Bungkul juga dilengkapi dengan pasar kuliner. Berada dibagian belakang taman, pasar kuliner Taman Bungkul ini menjajakan berbagai kuliner khas Kota Surabaya. Dengan rata-rata harga yang terjangkau, pasar kuliner ini menjadi tempat yang cocok untuk memanjakan lidah di kala lapar sesudah lelah menikmati teduhnya taman.

Suka artikel berjudul Taman Bungkul, Taman Kota di Surabaya Jawa Timur, Yuk bagikan ke: