Wayang Golek Betawi, Kesenian Tradisional Betawi



Wayang golek selama ini sangat identik dengan kesenian khas dari Provinsi Jawa Barat. Namun, ternyata masyarakat Betawi juga mempunyai kesenian wayang golek yang biasa disebut dengan wayang golek Betawi.

Sekilas, bentuk dari wayang golek Betawi tidak jauh berbeda dengan wayang golek dari tanah Sunda. Dalam setiap pagelarannya, pementasan wayang golek Betawi ini mengangkat cerita-cerita legenda Betawi seperti Si Jampang dan Pitung. Penggunaan dialek betawi didalam setiap pementasan wayang ini juga menjadikan sebuah pertunjukan wayang Betawi begitu sangat menarik.

Kesenian Wayang Golek Betawi

Satu yang menarik, Dalam pementasannya, dalang biasanya memakai gaya bercerita khas lenong Betawi. Selain itu, wayang golek Betawi ini juga selalu diiringi musik dari gambang kromong. Kehadiran musik gambang kromong membuat pementasan wayang ini terlihat begitu kental akan nuansa tradisionalnya.

Wayang golek betawi ini adalah hasil pemikiran serta karya dari seorang dalang yang juga sekaligus pengrajin wayang golek bernama Tizar Purbaya. Tizar mulai menciptakan kesenian wayang golek Betawi pada tahun 2001 dengan tujuan menambah khasanah kesenian khas Betawi.

Suka artikel berjudul Wayang Golek Betawi, Kesenian Tradisional Betawi, Yuk bagikan ke: