Wisata Air Terjun Nglirip di Tuban Jawa Timur



Kabupaten Tuban mempunyai satu air terjun yang memiliki pemandangan eksotis dengan ketinggian kurang lebih 30 meter dan dikelilingi oleh pepohonan di sekitarnya. Sajian derasnya air terjun dan air yang jernih, menjadi pemandangan yang sangat menyejukan mata. Inilah Air Terjun Nglirip, air terjun yang konon selalu dijadikan tempat semedi untuk mencari ilmu.

Menginjakan kaki di Air Terjun Nglirip kita akan terkesima dengan keindahan yang tersaji dihadapan kita. Ketinggian air terjun satu ini membuat siapa saja yang melihat akan berdecak kagum. Jernihnya air yang mengalir juga menjadi daya tarik tersendiri dari Air Terjun Nglirip ini. Suasana sejuk sangat terasa dengan banyaknya tumbuhnya pepohonan yang rindang. Sumber mata air di Air Terjun Nglirip ini berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak yang berjarak kurang lebih 3 km dari lokasi dan menyatu di bangunan dam yang berada diatas air terjun.

Suasana di Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip mempunyai cerita legenda yang begitu dipercaya oleh masyarakat sekitar. Konon, di gua yang berada disekitar air terjun ini dahulu dijadikan tempat seorang putri untuk bertapa. Sang putri yang patah hati dikarenakan cintanya dengan seorang anak raja tidak direstui memilih untuk menyepi serta bertapa di gua. Konon sang putri yang memperoleh kesaktian bisa menampakan diri di sekitar gua serta mengambil air di dasar Air Terjun Nglirip.

Masyarakat yang tinggal disekitar air terjun ini percaya akan adanya mitos bahwa Air Terjun Nglirip ini sangat terlarang bagi pasangan yang sedang menjalin hubungan percintaan dan juga bagi calon pengantin yang akan menikah. Konon, jika ada pasangan yang mengunjungi air terjun ini, maka akan terpisah dalam kurun waktu kurang dari 40 (empat puluh) hari.

Secara administratif, Air Terjun Nglirip Tuban ini terletak di Dusun Jojogan Desa Mulyo Agung Kecamatan Singgahan. Dari Pusat Kota Tuban, jarak menuju ke air terjun ini sekitar kurang lebih 37 Km ke arah barat daya. Menuju air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Suka artikel berjudul Wisata Air Terjun Nglirip di Tuban Jawa Timur, Yuk bagikan ke: