Wisata Kebun Raya Purwodadi Jawa Timur



Berkunjung ke kebun raya diakhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk mengisi liburan bersama dengan keluarga. Salah satu kebun raya di Indonesia yang wajib untuk anda kunjungi adalah Kebun Raya Purwodadi. Di kebun raya ini, selain mendapatkan pengetahuan tentang kekayaan flora yang dimiliki Indonesia, para pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati kesejukan udara dari pepohonan yang tumbuh disekitar destinasi wisata ini.

Kebun Raya Purwodadi beralamat di Jalan Raya Surabaya-Malang KM 65, atau lebih tepatnya di Jalan Kebunasri, Purwodadi, Provinsi Jawa Timur. Lokasi tersebut berjarak kurang lebih 24 km dari pusat Kota Malang, 30 km dari Kabupaten Pasuruan, dan sekitar 65 km dari pusat Kota Surabaya atau akan menempuh waktu sekitar 1,5 jam melalui perjalanan darat.

Derik tongeret, hewan kecil yang biasa hidup di pohon akan menyambut pengunjung kebun raya saat sampai di depan pintu gerbangnya yang bernuansa khas Bali. Sementara rerindang pepohonan membuat para pengunjung seperti tidak sabar untuk merasakan kesejukan udara didalamnya. Secara keseluruhan, Kebun Raya Purwodadi mempunyai luas sekitar 85 hektar yang sudah dibagi menjadi beberapa kawasan yang didominasi dengan kawasan konservasi.

Suasana di Kebun Raya Purwodadi

Menurut catatan pihak pengelola, Kebun Raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr Lourens Gerhard atas prakarsa dari seorang peneliti asal Belanda yang bernama Dr Dirk Fok van Slooten. Pembangunan dari kebun raya ini tidak lepas dari pendirian kebun raya serupa yang ada di Bogor, Jawa Barat. Oleh karena itu, sama halnya dengan Kebun Raya Bogor, tujuan utama dari pendirian Kebun Raya Purwodadi ini juga sebagai usaha dalam memajukan penelitian tanaman perkebunan Indonesia.

Kebun Raya Purwodadi memiliki ribuan koleksi tanaman, diantaranya ada tanaman langka dan berusia ratusan tahun yang hanya terdapat di Indonesia. Kekayaan flora yang dipunyai Kebun Raya Purwodadi diantaranya polong-polongan, tanaman anggrek, paku-pakuan, dan tanaman obat. Untuk menunjang kegiatan wisata, pihak pengelola Kebun Raya Purwodadi juga membangun berbagai fasilitas, seperti kolam pemandian anak, camping ground, serta fasilitas untuk kegiatan out bond.

Mengunjungi Kebun Raya Purwodadi diakhir pekan merupakan kegiatan wisata yang sungguh mengasyikan. Pasalnya selain dapat bermain di alam terbuka, para pengunjung juga dapat belajar tentang keanekaragaman hayati yang ada didalamnya. Dibuka setiap hari, kebun raya ini selalu diramaikan oleh wisatawan yang bahkan datang dari luar Pasuruan, seperti Surabaya dan Malang. Kebun Raya Purwodadi, memang tempat yang pas untuk berwisata bersama keluarga tercinta.

Suka artikel berjudul Wisata Kebun Raya Purwodadi Jawa Timur, Yuk bagikan ke: