Wisata Pantai Dato di Majene Sulawesi Barat



Sebagai daerah yang berada di pesisir, Kabupaten Majene yang terletak di provinsi Sulawesi Barat mempunyai jajaran pantai yang menjadi obyek wisata andalan dari wilayah ini. Salah satunya adalah Pantai Dato, Majene.

Pantai yang berada di Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, tepatnya di Dusun Pangale ini menyajikan pemandangan alam yang menyejukan mata. Cukup dengan memakai kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang biasa disebut dengan pete-pete, perjalanan menuju ke Pantai Dato yang berjarak sekitar 7 (tujuh) kilometer dari Kota Majene hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Kemudahan akses menuju ke obyek wisata yang satu ini menjadikan Pantai Dato ini menjadi pilihan untuk warga lokal dan turis yang berkunjung ke wilayah Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Pantai Dato Majene memiliki 2 (dua) bagian pantai dimana ada pantai yang beralaskan pasir putih dan ada pantai yang beralaskan karang. Di pantai ini, ada batu karang dengan ukuran yang cukup besar yang telah dilengkapi dengan tangga sehingga para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dari atas batu karang bisa dengan mudah menaikinya.

Suasana di Pantai Dato

Para pengunjung akan dimanjakan dengan pesona warna air laut dari Pantai Dato Majene yang bergradasi dari hijau sampai biru tua dari atas batu karang ini. Bila tidak puas hanya dengan menikmati pesonanya dari atas, para pengunjung juga dapat melakukan snorkeling ataupun hanya sekedar berenang dibagian tepi pantai untuk merasakan kesegaran air laut Pantai Dato secara langsung.

Di sekitar Pantai Dato sudah ada beberapa fasilitas penginapan yang bisa menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan pantai. Selain keindahan pesona pantainya, wisata kuliner khas daerah Majene seperti ikan terbang dan ikan seribu juga wajib untuk dicoba saat berkunjung ke wilayah ini.

Setiap tahunnya pada bulan Agustus sampai September di Pantai Dato ada sebuah acara yang bernama Sandeq Race, yang merupakan sebuah ajang balapan perahu Sandeq yang merupakan perahu khas dari Suku Mandar. Bersantai sejenak di Pantai Dato bisa menjadi pilihan alternatif guna sekedar melepas penat dengan merasakan langsung ketenangan suasana disekitar pantai.
Suka artikel berjudul Wisata Pantai Dato di Majene Sulawesi Barat, Yuk bagikan ke: