Wisata Pantai Plengkung di Banyuwangi Jawa Timur



Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2008 melansir informasi mengenai negara-negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Di dalam catatannya, Negara Indonesia didaulat menjadi negara dengan garis pantai terpanjang ke-4 di dunia dengan garis pantai sepanjang hingga 95.181 km. Sebagai negara dengan garis pantai yang panjang, Indonesia tentu memiliki banyak pantai dengan berbagai macam karakteristik, termasuk Pantai Plengkung salah satunya.

Terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Pantai Plengkung ini merupakan pantai andalan di Kabupaten Banyuwangi. Secara geografis, Pantai Plengkung berada di ujung tenggara Pulau Jawa, atau berjarak kurang lebih 80 km dari pusat Kota Banyuwangi.

Menuju ke lokasi pantai, saat tiba di bumi perkemahan Taman Nasional Alas Purwo, kendaraan para pengunjung harus diganti dengan menyewa kendaraan berupa jeep khusus yang telah disiapkan oleh pihak pengelola. Hal itu bukan tanpa sebab, pasalnya akses jalan yang dilalui lebih di dominasi oleh bebatuan dan sebagian besar dalam keadaan cukup rusak. Dari bumi perkemahan Taman nasional Alas Purwo menuju ke bibir Pantai Plengkung hanya berjarak 5 km, tetapi rusaknya jalan membuat waktu perjalanan akan terasa menjadi lebih lama.

Suasana di Pantai Plengkung

Selain mempunyai air laut yang jernih, pasir yang putih, dan juga biota laut yang beragam, Pantai Plengkung juga mempunyai ombak yang menawan. Tidak heran bila pantai ini menjadi salah satu spot favorit bagi para surfer untuk melakukan aktivitas berselancar. Menurut dari pihak Taman Nasional Alas Purwo, bulan Mei sampai Oktober merupakan waktu yang tepat untuk berselancar di Pantai Plengkung, pasalnya di waktu-waktu tersebut cuaca di pantai ini sangat bersahabat.

Mengingat pantai ini selalu menjadi incaran bagi para surfer, baik itu dari dalam maupun dari luar negeri, pihak pengelola pantai pun melengkapi Pantai Plengkung dengan berbagai macam fasilitas wisata, antara lain, berupa penginapan dan juga menara pandang. Selain itu di Pantai Plengkung juga ada penangkaran penyu yang dikelola langsung pihak Taman Nasional Alas Purwo.

Berada didalam kawasan hutan, Pantai Plengkung ini menjadi pantai yang cocok untuk mereka yang mendambakan berlibur di alam raya yang hening dan juga jauh dari keramaian. Bahkan saking sepinya, pantai ini selalu menjadi tempat bermain bagi sekawanan kijang dari Alas Purwo. Tidak mengherankan bila setiap tahun turis mancanegara selalu meramaikan Pantai Plengkung ini untuk berwisata. Apalagi bila gelombang air laut sedang tidak tinggi, turis dari Benoa Bali dapat langsung menuju Pantai Plengkung dengan memakai perahu boat.
Suka artikel berjudul Wisata Pantai Plengkung di Banyuwangi Jawa Timur, Yuk bagikan ke: