Wisata Petirtaan Watugede di Malang Jawa Timur



Mengunjungi Petirtaan Ken Dedes serta merasakan sejuk dan jernihnya air di area wisata ini seakan-akan mengingatkan kita pada suasana bertahun-tahun yang lalu ketika kerajaan Singosari sedang berjaya dibawah pempinan sang raja yang terkenal, yaitu Ken Arok.

Petirtaan Watugede sebutan lain untuk Petirtaan Ken Dedes dibangun di sekitar tahun 1200-an, masa dimana Kerajaan Singosari berjaya di Tanah Jawa. Petirtaan Ken Dedes ini merupakan Kaputren bagi para putri-putri raja, yakni sebuah tempat bermain dan mensucikan diri.

Berada di Kabupaten Singosari, yaitu salah satu Kabupaten yang ada di Kota Malang, Jawa Timur, yang sejuk, menjadikan pemandian atau Petirtaan Ken Dedes ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Rindangnya pepohonan menambah keteduhan suasana yang diberikan oleh petirtaan ini.

Suasana di Petirtaan Ken Dedes

Konon, nama Petirtaan Ken Dedes ini diambil dari sebuah nama putri cantik jelita, yang merupakan anak dari seorang Raja Tumapel. Di masa kejayaan petirtaan, hanya putri beserta dengan dayang saja yang bisa memasuki area pemandian Petirtaan Ken Dedes, para pria tidak diperkenankan masuk apalagi untuk berbaur bersama putri raja.

Ada sebuah sumur di pojok Petirtaan Ken Dedes dan Palinggih yakni tempat bersembahyang bagi umat hindu. Palinggih biasanya digunakan untuk meletakkan sesaji yang diperuntukan untuk para dewa yang dipercaya bersemayam di sekitar tempat ini.

Disamping Palinggih, terdapat pohon yang diperkirakan masyarakat setempat telah tumbuh kokoh bersamaan dengan berdirinya dari Petirtaan Ken Dedes ini. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama pohon elo. Selain itu, di petirtaan ini juga terdapat arca berbentuk manusia berkepala kera dan mengeluarkan air yang memiliki fungsi untuk mengisi kolam.

Suka artikel berjudul Wisata Petirtaan Watugede di Malang Jawa Timur, Yuk bagikan ke: