Wisata Pulau Karampuang di Mamuju Sulawesi Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Pulau Karampuang merupakan pulau yang terletak di Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Dengan menaiki kapal sebagai satu-satunya sarana transportasi menuju ke Pulau Karampuang dari pelabuhan Mamuju, para pengunjung sudah dapat menikmati keindahan pulau yang disebut juga pulau buaya oleh masyarakat setempat karena bentuknya yang mirip dengan reptil tersebut saat dilihat dari atas.

Walaupun kapal laut menjadi satu satunya akses untuk menuju ke pulau Karampuang, tetapi aktivitas dari kota Mamuju menuju ke Pulau Karampuang maupun sebaliknya tidak pernah sepi. Hanya dengan menempuh waktu kurang lebih 20 menit, pengunjung akan langsung tiba di Pulau yang namanya memiliki arti rembulan dalam Bahasa Indonesia.

Luas wilayah dari Pulau Karampuang ini adalah sebesar 6,37 km2 dengan jumlah penduduk yang hingga mencapai 2.937 jiwa. Pengunjung Pulau Karampuang akan disambut dengan dermaga kayu dari Pelabuhan Ujung Bulo yang menjorok ke arah laut sepanjang kurang lebih 500 meter.

Dari dermaga yang juga merupakan landmark dari pulau Karampuang ini, pemandangan bawah laut Pulau Karampuang sudah dapat terlihat dengan sangat jelas. Keanekaragam terumbu karang mulai itu dari soft coral sampai hard coral menggoda semua mata yang melihatnya guna menceburkan diri ke dalam air demi melihat kumpulan terumbu karang dari jarak dekat.

Suasana di Pulau Karampuang

Pulau Karampuang sendiri memang mempunyai potensi wisata yang cukup besar yang bisa dieksplor dari keindahan bawah lautnya. Bagi pecinta snorkeling ataupun diving, Pulang Karampuang ini merupakan destinasi yang wajib untuk dikunjungi saat berkunjung ke wilayah Mamuju. Selain melihat keanekaragam terumbu karangnya, pemandangan bawah laut Pulau Karampuang ini juga diramaikan oleh kehadiran berberapa jenis ikan laut seperti ikan badut dan juga ikan kakak tua berdahi bulat atau yang dikenal dengan sebutan ikan bumphead.

Untuk dapat menikmati keindahan bawah laut dari Pulau Karampuang, tidaklah selalu dengan diving. Para pengunjung sudah dapat menikmatinya dengan ber-snorkelling di dekat dermaga Ujung Bulo dan juga di beberapa tempat lainnya di sekitar Pulau Karampuang. Hanya berkedalaman sekitar 2 meter sampai 4 meter, keindahan bawah laut dari pulau yang dahulunya disebut sebagai Pulau Liutang ini sudah dapat dinikmati oleh para pecinta bawah laut.

Di Pulau Karampuang ini sendiri ada satu spot menyelam dimana ada wall site yang terdiri dari kumpulan terumbu karang yang menyerupai sebuah dinding besar yang membuat pengalaman menyelam di pulai satu ini berbeda dengan tempat tempat lainnya. Keanekaragaman biota laut yang masih terjaga sampai saat ini jelas merupakan potensi wisata dari Pulau Karampuang yang dapat dieksplorasi lebih jauh lagi.

No comments: