Es Brenebon, Kuliner Khas Manado Sulawesi Utara

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Menikmati sajian es ketika matahari siang sedang terik tentunya akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi bila sajian es yang dinikmati sudah dimodifikasi dengan berbagai macam bahan tambahan. Rasa yang dihasilkan pastinya akan lebih lezat.

Di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, ada sajian kuliner berupa es yang rasanya tidak hanya lezat tetapi juga sangat menyehatkan. Es ini bernama kacang merah atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama es brenebon.

Es brenebon sendiri merupakan sajian hidangan pembuka atau makanan yang nikmat ketika dihidangkan di siang hari. Apalagi di Kota Manado yang berada di tepian laut yang dikenal dengan udaranya yang panas, sehingga membuat dahaga di tenggorokan akan lebih cepat datang.

Memakai kacang tanah merah sebagai bahan dasar utamanya, es brenebon ini mempunyai citarasa yang manis dan juga segar. Pemilihan dari kacang tanah bewarna merah ini selain dapat menghasilkan rasa yang lebih manis, juga untuk membuat es brenebon ini menjadi lebih menarik ketika disajikan bersama dengan es serut. Selain es serut, bahan lainnya seperti susu kental manis dan sirup menjadi bahan tambahan yang membuat rasa es brenebon ini menjadi begitu nikmat.

Sebagai informasi, jika kacang merah ini mengandung vitamin B, fosfor, zat besi, kalsium, dan protein. Inilah yang membuat kacang merah ini berkhasiat untuk mencegah kolesterol,  mencegah resiko terkena diabetes dan membantu di dalam proses pembekuan darah pada luka.

Bila sedang berkunjung ke Manado, tidak ada salahnya untuk mencicipi sajian kuliner yang sangat segar ini. Selain dapat melepas dahaga, khasiat dari kacang merah juga sangat berguna membantu menjaga kondisi tubuh Anda.

No comments: