Gunung Ile Ape, Gunung Keramat di Lembata NTT

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bicara mengenai Lembata, kebanyakan orang pastinya akan langsung terbayang dengan tradisi perburuan ikan pausnya. Tradisi perburuan ikan raksasa ini telah berlangsung ratusan tahun lamanya dan telah cukup dikenal banyak orang. Namun Lembata bukan hanya mengenai tradisi perburuan ikan paus, pesona alam dan juga kearifan lokalnya tidak kalah menarik untuk dijelajahi dan juga diperdalam. Salah satu pesonanya berada disebuah tanjung sebelah utara pulau ini, yaitu Gunung Ile Ape. Gunung ini tegak berdiri serta menjadi titik tertinggi di Pulau Lembata, yang seakan-akan sedia mengawasi segala kegiatan yang berlangsung di Pulau Lembata.

Masyarakat di sekitar kaki Gunung Ile Ape menganggap gunung ini sebagai gunung yang keramat. Maka dari itu, saat berkesempatan untuk bersua langsung dengan Gunung Ile Ape ini, pengunjung diharapkan untuk menghormati adat yang telah dijunjung masyarakat setempat. Kepercayaan tersebut juga membantu para pendaki guna merasakan langsung kekhidmatan dari pendakian gunung yang tentunya akan meninggalkan sebuah kesan yang berbeda.

Mempunyai tinggi sekitar 1.450 meter diatas permukaan laut, Gunung Ile Ape atau sering disebut juga dengan Gunung Lewotolok sekilas nampak seperti Gunung Bromo yang berada di Jawa Timur. Yang membuat serupa yaitu hamparan pasir yang sangat luas dengan gunung api aktif berdiri kokoh ditengah-tengah hamparan pasir tersebut. Tepat berada di gundukan gunung api itu, ada semburan asap dan juga beberapa titik kuning dari belerang sebagai tanda dari aktivitas vulkanik yang ada didalamnya.

Suasana di Gunung Ile Ape

Pendakian menuju ke puncak Gunung Ile Ape bisa dimulai dari kampung Lewotolok, kampung satu ini merupakan salah satu kampung adat yang berada di kaki Gunung Ile Ape. Sebenarnya terdapat beberapa titik pendakian lainnya, seperti Desa Bungamuda, Desa Lamatokan, Desa Jontona, dan dari Desa Kolontobo. Gunung ini juga sering dijadikan tempat digelarnya Upacara Adat Utan Werun atau Kacang Tumbuh yang merupakan perayaan tutup tahun dari masyarakat adat Lamarian.

Dipuncak Gunung Ile Ape para pendaki bisa menyaksikan pemandangan indah dari birunya Laut Flores yang berlatar belakang Pulau Adonara dengan Gunung Ile Boleng. Berada dititik tertinggi Pulau Lembata, para pendaki juga dapat melihat pemandangan lepas tanpa terhalangi benda apapun, bahkan momen sunrise atau matahari terbit dan sunset atau matahari tenggelam pun dapat disaksikan di atas gunung ini.

No comments: