Mendaki Gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bagi anda para pecinta alam dan juga penikmat gunung? rasanya belum lengkap jika belum merasakan sensasi mendaki di gunung yang sangat terkenal akan kecantikan dan pesona alamnya ini. Dengan ketinggian hingga 3.726 mdpl dan terletak diutara Pulau Lombok, Gunung Rinjani ini merupakan gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia. Masuk di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani serta dikelilingi hutan dan semak belukar sekitar 76.000 hektar merupakan pemandangan yang sangat asri untuk Gunung Rinjani.

Akses menuju ke Pulau Lombok selain bisa ditempuh via jalur darat memakai bus langsung Jakarta sampai Mataram dengan cara menyeberang memakai kapal ferry 2 (dua) kali (Selat Bali dan juga Selat Lombok), juga bisa ditempuh dengan memakai pesawat terbang.

Gunung Rinjani mempunyai kawah dengan lebar 10 kilometer dan ada danau kawah yang disebut dengan danau Segara Anak dan memiliki kedalaman sekitar 230 meter. Dengan warna airnya yang membiru bagaikan sebuah anak lautan, air yang mengalir dari danau ini membentuk sebuah air terjun yang indah serta mengalir melewati jurang yang cukup curam. Banyak dari para pendaki yang memancing di danau ini dikarenakan banyak terdapat ikan mujair dan mas.

Terdapat 2 (dua) jalur pendakian sampai ke Puncak Rinjani, yakni Jalur Sembalun dan Jalur Senaru. Jalur Sembalun sendiri merupakan jalur favorit bagi para pendaki karena walaupun treknya lebih panjang tetapi dapat menghemat 700 meter ketinggian.

Di Jalur Sembalun, para pendaki akan melalui sebuah hamparan padang savana yang sangat cantik dan luas. Terdapat 3 (tiga) pos peristirahatan di jalur Sembalun ini, dan selepas dari pos 3 (tiga) para pendaki akan menghadapi tanjakan cukup terjal dengan kemiringan kurang lebih 60 derajat. Sedangkan pada Jalur Senaru, para pendaki akan melewati sebuah hutan tropis yang cukup lebat dan juga terjal. Sama halnya dengan Jalur Sembalun, pada jalur ini juga ada 3 (tiga) pos peristirahatan sebelum sampai ke pos pelawangan yang sering digunakan sebagai area perkemahan.

Keindahan yang dipunyai oleh Gunung Rinjani ini nyaris sempurna sehingga sudah tidak diragukan lagi bila Gunung Rinjani ini dapat memikat para wisatawan dari lokal ataupun dari mancanegara untuk mendakinya. Dan mendaki Gunung Rinjani ini tentunya akan menjadi sebuah pengalaman hidup dan kenangan yang tidak akan terlupakan.

No comments: