Mie Cakalang, Makanan Khas Manado Sulawesi Utara



Kota Manado selama ini dikenal sebagai salah satu surganya kuliner di nusantara. Banyak para pecinta kuliner yang berkunjung ke ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara ini hanya untuk berburu kuliner khas Manado yang sangat terkenal akan kelezatan dan kenikmatannya, salah satunya adalah mie cakalang ini.

Mie cakalang menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Kota Manado. Mie dengan aroma ikan cakalang yang sangat kuat ini biasa disajikan dengan berbagai macam bumbu-bumbu yang antaranya adalah seperti bawang merah, dan daun bawang. Irisan daging ikan cakalang yang disajikan di atas mie menjadikan makanan mie cakalang ini terasa sangat nikmat ketika lidah kita mencicipinya.

Makanan mie cakalang biasanya disajikan dengan kuah bening dan juga sedikit merica yang akan memberikan nuansa rasa sedikit pedas ketika di lidah. Uap panas yang mengepul dengan beberapa taburan bawang goreng di mangkuk, akan membuat selera makan kita bangkit ketika makanan ini disajikan.

Untuk menambah nikmat rasa dari mie cakalang, biasanya makanan ini disajikan dengan 2 (dua) macam sambal, yaitu yang pertama adalah sambal lombok ijo yang direbus hingga lembek, kemudian dicampur cuka, air dan juga garam. Yang kedua adalah sambal lombok merah yang diulek dengan sedikit tambahan bawang putih dan jahe. Kedua macam sambal tersebut dapat menjadi pilihan sesuai dengan selera.

Masyarakat Manado sendiri biasanya menikmati mie cakalang ini dengan makanan khas lainnya, yaitu bubur manado. Tidaklah sulit untuk menemukan kedai-kedai yang menjual makanan mie cakalang ini. Di setiap sudut di Kota Manado kita bisa menemui para penjual mie cakalang yang dapat kita singgahi. Harga satu porsi mie cakalang ini pun cukup terjangkau, hanya dengan merogoh kocek 12.500 rupiah sampai 30.000 rupiah kita sudah dapat menikmati kelezatan mie cakalang khas Manado.
Suka artikel berjudul Mie Cakalang, Makanan Khas Manado Sulawesi Utara, Yuk bagikan ke: