Pesona Bukit Wairinding di Sumba Timur NTT



Tanah Sumba memang dianugerahi keindahan alam yang sangat berbeda dengan keindahan lainnya yang ada di Indonesia. Kondisi tofografi alamnya yang lebih didominasi oleh rangkaian pegunungan dan juga perbukitan kapur, menjadikan alam di tanah Sumba Timur yang unik dan juga eksotik ini berbeda dengan kabupaten lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bukit yang mulai ramai dikunjungi oleh para pelancong sejak menjadi lokasi syuting film yang disutradarai Mira Lesmana didalam film berjudul Pendekar Tongkat Emas ini, memang mempunyai lanskap perbukitan yang indah. Mengunjungi tanah Sumba Timur ini anda akan merasa menemukan sekeping surga yang terhampar di antara perbukitan. Wairinding yang membuat tubuh merinding! Terletak di Kecamatan Pandawai atau lebih tepatnya di Desa Pambota Jara sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Sumba Timur, Bukit Wairinding ini terlihat sangat menakjubkan dengan vegetasi padang rumputnya yang sangat luas.

Lanskap Bukit Wairinding yang begitu elok dan juga mempesona, membuat mata para pengunjung seperti tidak ingin berkedip dibuatnya. Hamparan padang savana yang terhampar sangat luas itu akan berwarna kuning ketika musim kemarau dan bahkan sebaliknya berwarna hijau ketika musim penghujan. Mengunjungi Bukit Wairinding ini di kedua musim tersebut pastinya memberikan kesan yang sangat berbeda.

Jika para pengunjung datang di musim kemarau, yaitu antara bulan Juli sampai bulan Oktober maka suasana alam disana akan terasa seperti berada di benua Afrika, lengkap dengan padang savananya yang sangat eksotik. Lain halnya bila para pengunjung datang dimusim penghujan, suasananya akan terasa seperti di perbukitan New Zealand. Bukit Wairinding ini merupakan tempat yang sangat tepat bagi para pengunjung yang ingin sekali menikmati keheningan, kesunyian, dan juga keindahan yang masih alami.

Selain lanskap perbukitannya yang sangat eksotis, keindahan dari bukit ini juga terasa lengkap dengan banyaknya anak-anak lokal yang bermain di sekitar area perbukitan. Mereka juga akan senantiasa menemani setiap para pengunjung yang datang ke bukit ini dengan rasa antusiasnya. Tentunya hal itu mereka lakukan dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun dari para pengunjung. Senyuman diwajah mereka yang sangat khas akan meninggalkan sebuah kesan mendalam dibenak para pengunjung, dan tentunya akan sulit terlupakan.

Akses Menuju ke Bukit Wairinding

Terletak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Waingapu, untuk para pengunjung yang akan mengunjungi bukit indah ini bisa memakai jasa travel, bis umum atau jika ingin lebih fleksibel bisa menyewa kendaraan bermotor di Waingapu. Tarif sewa mobil berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 600.000 telah sepaket dengan supirnya, sedangkan untuk penyewaan motor berkisar Rp 100.000 rupiah perharinya.

Kondisi jalan menuju ke lokasi Wairinding sangatlah bagus, jalannya sudah beraspal halus walaupun jalannya berkelok-kelok. Para pengunjung akan melewati jalan trans Sumba Waingapu - Waikabubak yang lebih dikenal dengan sebutan "Letter S" dikarenakan topografinya yang berkelok-kelok.

Sekitar 30 sampai 45 menit lamanya berkendara, pengunjung akan sampai ke lokasi. Yang menjadi patokan dari lokasinya adalah sebuah warung kecil yang terletak di kanan jalan. Sesampainya disana, para pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang telah tersedia disekitar warung yang sekaligus juga menjadi tempat tinggal dari masyarakat setempat. Dari situ, para pengunjung masih harus berjalan mendaki bukit yang berada dibelakang warung kurang lebih 500 meter.

Harga Tiket Masuk ke Bukit Wairinding

Tidak ada pungutan tiket masuk secara resmi di Wairinding, tetapi setiap tamu yang datang disarankan mengisi buku tamu serta memberikan uang seikhlasnya saja guna kesejahteraan masyarakat setempat.

Fasilitas di Sekitar Bukit Wairinding

Tidak ada fasilitas penunjang apapun disekitar lokasi bukit. Hanya ada sebuah warung kecil di pinggiran saja, tetapi itu pun tidak lengkap. Disarankan untuk para pengunjung yang hendak berkunjung kesini untuk membawa bekal makanan, terlebih lagi minuman dikarenakan cuaca di Sumba Timur yang sangat terik ketika siang hari.
Suka artikel berjudul Pesona Bukit Wairinding di Sumba Timur NTT, Yuk bagikan ke: