Pesona Pulau Moyo di Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB)



Sekitar kurang lebih 2,5 kilometer ke arah utara dari Pulau Sumbawa, terdapat sebuah pulau yang sangat indah dan menjadi destinasi utama bagi para wisatawan asing saat melancong ke Indonesia. Pulau yang masuk ke dalam kawasan Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), ini bernama Pulau Moyo. Pulau Moyo memiliki luas area sekitar 32.044 hektare dan dengan ketinggian maksimalnya sekitar 670 meter serta memiliki garis pantainya yang sangat luar biasa indah sepanjang 88 kilometer.

Jika anda ingin sekali berkunjung ke pulau nan eksotis ini, bila memakai jalur darat, akan diperlukan waktu perjalanan kurang lebih 6 jam dari Kota Mataram. Perjalanan dari Mataram menuju ke Pulau Moyo dilakukan via Pelabuhan Khayangan. Dari pelabuhan ini, perjalanan akan dilanjutkan memakai kapal menuju ke Poto Tano. Sesudah itu, barulah menuju ke Sumbawa Besar.

Selain via jalur darat, ada juga sebuah maskapai penerbangan yang melayani para wisatawan yang ingin ke Pulau Moyo dengan waktu yang relatif singkat. Menuju ke Pulau Moyo melalui jalur udara hanya akan memakan waktu kurang lebih 35 menit perjalanan. Tetapi sayang sekali, pelayanan disalah satu maskapai penerbangan dengan memakai pesawat Fokker 50 tersebut hanyalah ada dihari Selasa dan Jumat.

Menurut para pemandu di wisata pulau ini, Pulau Moyo biasanya akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan diperiode bulan Juni sampai Juli atau ketika musim kemarau tiba. Sebab, saat musim kemarau, air di Pulau Moyo ini akan terlihat lebih jernih dan juga indah ketimbang di dimusim penghujan. Apalagi ditambah dengan keindahan pemandangan bawah lautnya yang merupakan salah satu terbaik yang ada di dunia. Karena itu, berdasarkan dari SK Menteri Kehutanan 29 September 1986, pulau ini ditunjuk menjadi salah satu tempat konservasi alam laut di Indonesia. 

Suasana di Pulau Moyo

Yang menjadikankan kawasan konservasi alam laut di pulau ini menarik dan juga berbeda dengan kawasan konservasi bawah laut lainnya yaitu dasar perairan di Pulau Moyo yang cenderung landai. Landainya kontur perairan ini menjadikan pesona keindahan ekosistem bawah laut di Pulau Moyo bisa terlihat meskipun tanpa menyelam. Pemandangan bawah laut ini akan terlihat lebih sangat indah bila dibantu dengan sinar sang surya yang jatuh ke dasar air.

Berkunjung ke perairan Pulau Moyo ini tentunya tidak akan membuat anda bosan.  Sensasi pesona keindahan bawah laut yang ditawarkan oleh Pulau Moyo akan selalu berbeda-beda dan juga membuat siapa saja yang mengunjunginya betah untuk berlama-lama.

Untuk mengakomodasi para wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini, saat ini pihak pengelola pulau sudah menyediakan paket penginapan, mulai itu dari kelas ekonomi sampai kelas yang mempunyai nuansa lux. Salah satu penginapan yang memiliki nuansa lux di Pulau Moyo dikelola oleh perusahaan resort ternama.

Pulau Moyo ini merupakan setitik surganya di wilayah bagian timur Indonesia. Potensi kekayaan alamnya merupakan salah satu yang terbaik di senusantara. Tidak salah bila orang-orang dari berbagai penjuru dunia berbondong-bondong untuk bisa berlibur ke pulau yang indah satu ini. Suasananya yang hening dan juga masih alami menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang mendambakan keindahan alam serta kebebasan.
Suka artikel berjudul Pesona Pulau Moyo di Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB), Yuk bagikan ke: