Sate Bulayak, Makanan Tradisional Dari Lombok NTB

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Sate merupakan kuliner khas Indonesia. Makanan yang identik dengan daging ditusukan dan dibakar ini bisa ditemui di seluruh penjuru Indonesia. Begitu juga saat berkunjung ke Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sate bulayak merupakan salah satu makanan khas andalan dari masyarakat Lombok.

Berbahan dasar jeroan, daging ayam, dan juga daging sapi, sate bulayak ini tidak begitu berbeda dengan sate kebanyakan yang ada di Indonesia, seperti Sate Madura dan Sate Padang. Kekhasan sate bulayak ini ada di bulayak, yaitu lontong yang dililit memakai daun aren atau enau.

Bulayak ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan lontong biasa. Cara melilitnya pun juga sangat unik. Daun dililit secara spiral. Hal tersebut dimaksudkan supaya saat bulayak dibuka, maka akan terbuka secara memutar dan juga mempermudahkan para penikmat untuk menyantapnya. Bulayak sendiri mempunyai tekstur lembut dan juga rasanya yang gurih, sangat nikmat saat bertemu dengan lidah.

Proses Pembuatan Sate Bulayak

Bumbu kacang yang disajikan oleh sate bulayak inipun berbeda dengan bumbu kacang sate pada umumnya yang biasa dijumpai. Bumbu kacang disini menggunakan kacang tanah yang sudah disangrai, ditumbuk, kemudian direbus bersamaan dengan santan dan juga bumbu-bumbu lainnya seperti ketumbar, bawang, jintan, dan cabai, sehingga akan menghasilkan rasa yang pedas ketika disantap.

Untuk dapat menikmati Sate Bulayak ini, cukup dengan membuka lilitan daun aren pada bulayak. Kemudian bulayak dicelupkan ke bumbu kacang yang sudah disediakan. Pertemuan antara rasa gurihnya bulayak dan juga bumbu kacang yang pedas, akan menghasilkan kombinasi rasa yang sangat sempurna. Sate bulayak ini dapat anda jumpai dengan mudah di Jl Udayana, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

No comments: