Sate Lilit, Makanan Khas Bali



Dari sekian banyak kuliner khas Provinsi Bali, sate lilit merupakan salah satu kuliner andalan yang patut untuk dicoba. Sate lilit pada awalnya merupakan hidangan khas dari daerah Klungkung. Meskipun demikian, hidangan ini sekarang mudah ditemukan dibanyak lokasi di seputar Bali, seperti di Denpasar, Gianyar, dan Badung. Karena itulah, sate lilit sudah menjadi kuliner khas dari Provinsi Bali, selain babi guling dan juga lawar.

Dibandingkan sate-sate yang bisa ditemui diberbagai daerah, sate lilit mempunyai keunikan tersendiri. Sate yang pada umumnya berupa potongan-potongan daging yang kemudian ditusukkan dengan menggunakan sebuah tusuk. Namun, sate lilit ini lebih menyerupai gumpalan adonan yang membalut tusuk sate.

Sate lilit ini terbuat dari daging yang dilumatkan menjadi sebuah adonan. Adonan ini kemudian dibumbui dan dibakar sampai mengeluarkan aroma harum yang sangat khas. Aroma kunyit dan juga serai yang dominan menjadi pemikat untuk mencicipi kuliner khas ini.

Keunikan lainnya, meskipun tidak dihidangkan bersama dengan bumbu kacang seperti halnya sate ayam atau kambing, rasa pedas dari bumbu-bumbu yang meresap didalam adonannya dijamin membuat lidah anda menari-nari.

Sate Lilit khas Klungkung

Rasa pedas dalam kuliner sate lilit berasal dari campuran berbagai macam bumbu yang dicampurkan ke dalam adonan. Bumbu-bumbu tersebut diantaranya terdiri dari bawang merah, bawang putih, serai, dan juga daun jeruk. Campuran berbagai macam bumbu tersebut menghasilkan rasa pedas, manis, dan juga gurih dengan sentuhan rempah-rempah yang akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Sementara itu, daging yang biasanya dijadikan bahan untuk sate lilit yaitu daging ikan laut seperti daging ikan tuna. Bagi yang tidak menyukai daging ikan, terdapat beberapa penjaja sate lilit juga menyediakan sate lilit yang dibuat dengan berbahan daging ayam. Jadi makanan yang satu ini aman dikonsumsi untuk semua umat beragama.

Sate lilit pada umumnya disajikan bersamaan dengan beberapa jenis hidangan lainnya. Makanan yang biasa menjadi pendamping sate lilit ini diantaranya adalah sate tuna dan pepes tuna. Ditemani dengan nasi hangat dan juga sambal matah yang nikmat, hidangan sate lilit ini akan terasa semakin lengkap dan mantap.
Suka artikel berjudul Sate Lilit, Makanan Khas Bali, Yuk bagikan ke: