Tinoransak, Makanan Khas Manado Sulawesi Utara

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Selain terkenal akan keindahan Taman Nasional Bunakennya, ternyata Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara ini juga terkenal akan kekayaan kulinernya. Tinoransak inilah salah satunya, kuliner rumahan yang mempunyai citarasa pedas disertai dengan bumbu kunyitnya yang sangat kental.

Tinoransak sendiri merupakan masakan rumahan bagi masyarakat asli dari Provinsi Sulawesi Utara, yaitu masyarakat Minahasa. Makanan yang biasa disajikan berdampingan dengan nasi hangat ini memakai daging babi sebagai bahan dasar pembuatannya. Selain menggunakan danging babi, makanan ini juga memakai rempah-rempah seperti cabai hijau besar, cabai merah, jahe dan juga kunyit bakar. Dengan menggunakan bumbu pendamping tersebut, menjadikan kuliner khas satu ini terasa begitu memanjakan lidah

Citarasa yang pedas dan rasa kunyitnya yang sangat kental menjadikan kuliner khas dari tanah Minahasa ini menjadi begitu lezat. Teksturnya yang berwarna kekuningan dan dengan sedikit kuah hasil rebusan air ketika proses pemasakan, semakin menambah citarasa tinoransak ini.

Sangat mudah untuk dapat mencicipi makanan khas orang Minahasa ini. Banyak warung dan rumah makan khas minahasa di sekitar Kota Manado ataupun di daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Utara yang menyediakan menu Tinoransak ini. Dengan harganya yang cukup terjangkau, dan hanya berkisar antara 15.000 rupiah sampai dengan 20.000 rupiah, anda sudah bisa merasakan kelezatan tinoransak dengan rasanya yang pedas dan juga gurih.

No comments: