Wae Rebo, Kampung Tradisional di Manggarai NTT



Wae Rebo merupakan sebuah kampung tradisional yang berada di dusun terpencil, yaitu tepatnya di Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Terkenal dengan sebutan kampung diatas awan, kampung Wae Rebo terletak di ketinggian sekitar 1000 mdpl dan dikelilingi oleh perbukitan yang sangat asri. Wae Rebo sendiri dinyatakan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada bulan Agustus tahun 2012 dan menyisihkan 42 negara lainnya.

Untuk bisa mencapai ke kampung Wae Rebo ini, para pengunjung diharuskan menempuh perjalanan kurang lebih 6 (enam) kilometer dari Desa Dintor ke Desa Denge dengan memakai motor. Perjalanan dari Denge menuju ke kampung Wae Rebo, akan membutuhkan waktu pendakian sekitar 3 (tiga) jam dengan melewati daerah-daerah yang sangat terpencil dan di kelilingi oleh hutan lebat yang sama sekali belum terjamah,  melintasi bibir jurang, dan menyebrangi sungai.

Suasana di Kampung Wae Rebo di NTT

Meskipun lokasinya berada jauh dari keramaian serta cukup sulit terjangkau, tetapi Kampung Wae Rebo sangat terkenal terutama oleh para wisatawan asing Negara-negara di Eropa dikarenakan desain arsitekturnya yang mempunyai daya tarik yang tinggi.

Salah satu hal yang menarik dari kampung Wae Rebo ini yaitu rumah adatnya yang berbentuk kerucut serta pada atapnya yang terbuat dari daun lontar. Hasil dari kerajinan tangan warga seperti vanili, hasil kopi, serta kulit kayu manis laris manis sebagai barang cendera mata yang dibawa pulang oleh para wisatawan dengan harga yang memuaskan.

Tidak sulit untuk jatuh cinta pada kampung ini. Para pengunjung bisa merasakan keunikan adat istiadat, budaya, keramahan tamahan warganya dan kearifan lokal yang masih terasa sangat kental di kampung ini.
Suka artikel berjudul Wae Rebo, Kampung Tradisional di Manggarai NTT, Yuk bagikan ke: