Wisata Air Terjun Oehala di Kupang NTT

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Kupang dan Pulau Timor yang selama ini dikenal dengan suasananya yang sangat panas, ternyata juga mempunyai oase, yaitu keindahan air terjunnya yang banyak mengundang para pelancong untuk mengunjunginya. Hanya berjarak kurang lebih 13 kilometer, yaitu 10 kilometer dari jalan besar utama serta 3 kilometer masuk ke dalam dari Kota So’E, yaitu ibukota dari Kabupaten Timor Tengah Selatan ada sebuah air terjun yang pesona keindahannya mulai menjadi perbincangan di kalangan para pejalan. Air Terjun Oehala namanya.

Lokasinya yang berada di Desa Oehala, Kota So’E, Kec. Mollo Selatan, Kab. Timor Tengah Selatan, Prov. Nusa Tengara Timur (NTT). Aliran air terjun ini berasal dari Gunung Mutis, maka sudah tidak diragukan lagi akan kesegaran dan juga kejernihan airnya yang berasal dari air pegunungan tersebut. Hal itu terbukti dari airnya yang terasa masih alami dan bersih serta warnanya yang hijau kebiru-biruan.

Suasana di Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala ini juga sering dikenal dengan sebutan Air Terjun 7 Tingkat, karena di air terjun ini memang mempunyai 7 tingkatan air terjun yang akhirnya bermuara di Samudera Hindia. Walaupun mempunyai debit air yang cukup besar, tetapi kedalaman kolam air tidak terlalu dalam, sehingga para pengunjung bisa menikmati setiap tingkatan kolam alaminya dengan sekedar berenang, bermain air, ataupun berfoto-foto ria. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan menjulang tinggi serta letaknya yang memang berada ditengah-tengah hutan, sehingga membuat suasana di kawasan Air Terjun Oehala semakin asri dan juga sejuk.

Akses Menuju ke Air Terjun Oehala

Akses menuju ke wisata air terjun ini cukup mudah, para pengunjung bisa menyewa kendaraan atau memakai kendaraan pribadi dari Kupang maupun dari So’E. Jika memulai perjalanannya dari Kupang, arahkan kendaraan anda ke Kota So’E dengan jarak sekitar 110 kilometer (sekitar 3 jam perjalanan) menuju ke arah Kota Kapan sekitar 10 kilometer (sekitar 0,5 jam perjalanan). Bagi para traveler yang ingin menghemat biaya bisa memakai bus dengan tujuan Kupang-Kefamenanu atau Kupang-Atambua kemudian minta diturunkan dipertigaan yang menuju ke Kota Kapan (sekitar 3,5 jam perjalanan) lalu dilanjutkan dengan menaiki ojek sampai ke lokasi wisata Air Terjun Oehala (sekitar 45 menit perjalanan). Kondisi jalan di sepanjang menuju ke kawasan Oehala beraspal mulus, hanya ada beberapa titik aspal yang masih terlihat berlubang, tetapi hal itu tidak terlalu menghambat perjalanan anda.

Setibanya di lokasi parkir lokasi air terjun, para pengunjung akan disambut dengan warung kecil berjajaran yang menjajakan berbagai minuman dan makanan. Tetapi disarankan untuk membawa atau membeli bekal minuman dan makanan sebelumnya, dikarenakan harga di lokasi wisata cenderung lebih mahal. Selanjutnya untuk menuju ke lokasi utama Air Terjun Oehala, para pengunjung harus menyiapkan tenaga ekstra dan juga penuh kehati-hatian, pasalnya ada 132 anakan tangga yang berkelok-kelok dan harus dituruni sebelumnya. Sekitar 10 menit berjalan kaki menuruni anakan tangga, para pengunjung akan disambut dengan pesona keindahan air terjun 7 bertingkat ini.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Oehala

Dengan biaya masuk perorangnya sebesar Rp.3.000 saja, para pengunjung sudah bisa menikmati pesona keindahan Air Terjun Oehala yang keindahannya sampai-sampai disandingkan dengan Air Terjun Mata Jitu yang berada di Pulau Moyo.

Fasilitas di Sekitar Air Terjun Oehala

Tetapi sayangnya fasilitas yang ada di kawasan wisata ini terihat kurang terjaga dan terawat. Hanya ada beberapa lopo (rumah khas dari warga Pulau Timor), beberapa toilet dan juga ruang ganti seadanya saja. Walaupun demikian, keindahan dari Air Terjun Oehala ini akan menutupi segala kekurangannya dan dapat membuat para pengunjungnya betah untuk berlama-lama menikmati kesegaran aliran airnya. Bagi anda para penikmat wisata alam, air terjun ini wajib masuk ke daftar tujuan wisata anda ketika sedang berpetualang menjelajahi alam Pulau Timor, Provinsi NTT.

No comments: