Wisata Bukit Tenau di Sumba Timur NTT

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Alam di Sumba Timur memang sudah dianugerahi pesona alam yang seakan-akan tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Selain keindahan dari Bukit Wairinding yang dapat membuat para pengunjungnya merinding, terdapat satu lagi perbukitan yang tidak jauh dari pusat Kota Waingapu dan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Bukit Wairinding. Hamparan bukit inipun mempunyai keindahan yang tidak jauh berbeda dengan bukit yang terdapat di Wairinding.

Letaknya berada tidak jauh dari pusat kota, hanya diperlukan waktu sekitar 20 sampai 30 menit berkendara saja dari Waingapu. Untuk yang ingin sekali mendambakan ketenangan dan juga keheningan, Bukit Tenau ini bisa menjadi alternatif wisata untuk anda yang hendak mengeksplorasi keindahan alam Sumba.

Berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Waingapu, akses menuju ke bukit ini sebenarnya tidaklah sulit. Tetapi dikarenakan sedikitnya informasi tentang bukit ini dan juga tidak adanya papan penunjuk jalan menuju ke lokasi, jadi para pengunjung harus sering-sering bertanya kepada para penduduk setempat arah menuju ke Desa Tenau.

Suasana di Bukit Tenau

Akses Menuju ke Bukit Tenau

Dari Waingapu, arahkan kendaraan anda menuju ke Jembatan Kambaniru. Kurang lebih 10 (sepuluh) menit berkendara, sesudah anda melewati jembatan tersebut ada persimpangan dimana apabila lurus mengarah ke bandara dan apabila ke kanan mengarah ke Tenau. Setelah mengarahkan kendaraan anda ke arah kanan, tidak lama anda akan menemui sebuah percabangan. Belokkanlah kendaraan anda ke arah kiri lalu lurus terus mengikuti jalan.

Tidak lama dari situ, anda akan kembali menemui pertigaan lagi tetapi kali ini belokkan kendaraan anda ke arah kanan. Hamparan persawahan penduduk sekitar akan menjadi teman setia anda di sepanjang jalan ini. Selanjutnya, Anda bisa bertanya kepada para penduduk sekitar arah menuju ke Desa Tenau. Tidak lama kemudian, hamparan perbukitan hijau dikedua sisi jalan akan menyambut anda. Karena tidak ada angkutan umum untuk menuju ke bukit ini, para pengunjung bisa menggunakan jasa ojek atau menyewa kendaraan baik itu kendaraan motor atau mobil di Waingapu dengan tarif sewa motor Rp.100.000 rupiah per harinya.

No comments: