Wisata Gili Meno di Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB)



Ingin merasakan kedamaian dan ketenangan di sebuah pulau, cobalah datang ke Gili Meno ketika berlibur ke Pulau Lombok. Terletak di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pulau ini menawarkan keindahan alam yang dibalut dengan suasana penuh dengan ketenangan.

Di pulau yang masih tergolong minim akan fasilitas ini, kita dapat menenangkan diri serta menyatu dengan keindahan alam sambil sesekali menghirup udara segar. Berbeda halnyda dengan Gili Trawangan yang begitu sangat ramai, disini hanya ada beberapa pondok penginapan yang didesain secara minimalis namun tidak minim dengan keindahan.

Untuk dapat menuju ke Gili Meno, anda dapat memulai perjalanan dari Pelabuhan Bangsal. Pelabuhan ini dapat dijangkau dari pusat Kota Mataram selama kurang lebih 2 jam. Selanjutnya, anda dapat melakukan perjalanan memakai perahu yang tersedia.

Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan, sebab pihak pengelola sendiri sudah dilatih untuk menjamin keselamatan para pengunjung selama didalam perjalanan. Gelombang laut dan keindahan pemandangan pulau akan tersaji sebelum anda sampai di Gili Meno ini. Setelah sekitar 40 menit lamanya, anda akan disambut dengan hamparan pasir yang telah menanti di Gili Meno.

Melakukan snorkeling ataupun berjalan menyusuri tepian pantai menjadi pilihan aktivitas yang dapat anda lakukan di Gili Meno ini. Anda tidak perlu khawatir bila tidak membawa perlengkapan alat snorkeling. Disini banyak tersedia jasa penyewaan alat-alat snorkeling.

Melihat kecantikan terumbu karang yang masih terjaga dengan sangat baik ataupun sesekali bermain bersama dengan ikan berwarna-warni pastinya akan membuat anda betah untuk berlama-lama menyusuri alam bawah laut di Gili Meno. Saat menyelam, jangan lupa untuk membawa makanan yang dapat membuat anda dikelilingi oleh ikan-ikan cantik. Berinteraksi langsung dengan mahluk nan indah ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Untuk anda yang suka menyelam, terdapat beberapa spot indah yang ditawarkan oleh pulau ini, seperti Point Coral Blue, Sea Point Penyu, dan juga Meno Wall. Spot-spot tersebut dapat menjadi destinasi yang layak untuk anda dicoba. Bahkan, PADI sendiri sebagai organisasi diving berlisensi internasional juga membangun prasarananya disini. Jadi, tidak mengherankan bila banyak para wisatawan dari mancanegara yang berkunjung ke Gili Meno ini guna menikmati keindahan bawah lautnya.

Suasana di Gili Meno

Menyaksikan sang surya terbenam juga menjadi pilihan yang sangat mengasyikkan disini. Bagian barat Gili Meno ini siap menghibur anda dengan cahaya sinar sang surya ketika perlahan-lahan mulai tenggelam. Perpaduan antara warna oranye, kuning, merah, dan juga biru yang tersaji sejenak akan membuat anda melupakan penatnya akan rutinitas sehari-hari.

Tidak lupa, jika anda yang membawa kamera, abadikanlah momen-momen indah ini ketika berada di Gili Meno. Foto-foto ini dapat menjadi sebuah kenangan yang sangat berharga sekali. Bagi yang ingin sekali menginap di pulau ini, anda juga dapat memamaki cidomo. Kendaraan sejenis delman satu ini siap untuk mengantarkan anda menuju ke lokasi penginapan. Cidomo sendiri memang menjadi kendaraan utama di kawasan Gili Meno. Jadi jangan heran, karena disini memang tidak ada kendaraan bermotor satupun.

Masyarakat disini mempunyai komitmen untuk menjaga pulau supaya bebas dari asap polusi yang dapat mempengaruhi perubahan alam. Lihat saja warna biru air laut yang terjaga serta hamparan pasir putih yang sangat lembut.
Suka artikel berjudul Wisata Gili Meno di Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB), Yuk bagikan ke: