Wisata Pantai Ria Ende di Nusa Tenggara Timur (NTT)



Ende adalah sebuah kota di Flores yang terkenal akan keindahan Danau Kelimutunya. Walaupun jajaran pantainya tidak sepopuler di Kepulauan Komodo, tetapi keberadaannya juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi, Pantai Ria inilah salah satunya.

Pantai Ria saat ini mulai ditata dan juga dikelola oleh pihak pemerintah sebagai lokasi wisata yang berpotensial bagi tongkrongan baru warga Kota Ende. Untuk yang ingin menikmati keindahan pantai sambil menikmati kelezatan kulinernya, para wisatawan bisa datang ke pantai ini ketika hari menjelang sore. Berada tidak jauh dari pusat Kota Ende yakni kurang lebih 0,5 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit memakai kendaraan pribadi.

Keberadaan dari Pantai Ria ini biasa dimanfaakan oleh warga Ende sebagai tujuan rekreasi sambil menikmati deburan ombak khas pantai selatan, melihat aktivitas para nelayan di laut, dan kesibukan bongkar muat barang di pelabuhan. Yang paling menarik lainnya yakni para pengunjung bisa menikmati panorama matahari terbenam (sunset) yang indah sambil menikmati suguhan jajanan ringan dan makanan lokal di sekitar area pantai. Selain itu, banyak juga terdapat anak-anak kecil yang biasa menghabiskan waktu disore hari dengan beraktifitas bermain bola di sepanjang pantai.

Suasana di Pantai Ria

Di kawasan Pantai Ria ini ada jajaran tempat makan yang menjual berbagai macam makanan kecil, yang pas jika disantap sambil menikmati hembusan angin pantai dan tentunya sambil bercengkerama dengan keluarga atau sahabat. Jenis minuman yang dijual oleh para pedagang diantaranya adalah seperti es buah, es kelapa, susu, kopi, dan aneka ragam minuman ringan lainnya dan untuk makanan kecil yang dijual yaitu seperti aneka gorengan, sate ayam, soto, dan lain sebagainya.

Walaupun berpasir hitam, tetapi Pantai Ria ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang berpasir putih lainnya. Senja di Pantai Ria ini sungguh sangat indah. Panorama yang terbentang dipadukan dengan warna langit senja tentunya akan melengkapi wisata anda di sore hari. Tidak diragukan lagi bahwasanya pantai ini bisa menjadi aset pariwisata yang sangat menjanjikan bagi Kabupaten Ende.
Suka artikel berjudul Wisata Pantai Ria Ende di Nusa Tenggara Timur (NTT), Yuk bagikan ke: