Wisata Pulau Diyonumo di Gorontalo



Gorontalo tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang sangat menggugah selera, tetapi juga dengan deretan lokasi wisata dengan keindahan alamnya yang indah. Di kabupaten termuda di Provinsi Gorontalo, yaitu Kabupaten Gorontalo Utara, ada 1 (satu) pulau kecil tidak berpenghuni yang masih sangat jarang dikunjungi. Pulau ini menyimpan pesona keindahannya yang tidak kalah cantiknya dengan obyek wisata lainnya di Provinsi Gorontalo.

Pulau yang terletak di Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo, tepatnya di Desa Deme ini bernama Pulau Diyonumo. Pulau ini terbilang masih perawan dan juga belum adanya fasilitas wisata yang biasa banyak ditemukan di lokasi wisata lainnya. Berkemah bersama dengan teman perjalanan sangat direkomendasikan di Pulau Diyonumo ini, anda bisa puas mengelilingi pulau ini.

Untuk menambah pengalaman keseruan, anda dapat juga memancing ataupun membakar rupa-rupa ikan dan juga hewan laut lainnya untuk mengganjal perut sesudah seharian berkeliling pulau. Bila tidak ingin repot, tidak jarang pula para nelayan mampir ke pulau ini, jadi para pengunjung dapat membeli ikan ataupun cumi untuk dimasak.

Bila berangkat dari pusat Kota Gorontalo, tempat Pulau Diyonumo ini bisa ditempuh dalam waktu 2 (dua) atau 3 (tiga) jam melalui perjalanan darat. Setelah menempuh waktu tersebut, para pengunjung akan sampai di wilayah Kecamatan Sulamata. Dari sinilah para pengunjung bisa meneruskan perjalanan sampai Desa Deme 2 yang menjadi tempat penyebrangan menuju ke Pulau Diyonumo. Penyebrangan kemudian dilakukan memakai kapal kecil milik para warga yang biasa digunakan untuk mencari ikan. Penyebrangan hanya akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja.

Suasana di Pulau Diyonumo

Setibanya di tepian pantai pulau ini, memang tampak biasa, terlihat seperti halnya pantai pada umumnya. Tetapi jangan terburu-buru, cobalah anda untuk sedikit mendaki ke bagian perbukitannya. Anda akan tercengang dengan pesona keindahan yang ditampilkan oleh pulau yang tidak berpenghuni ini, hamparan rerumputan seakan-akan menyambut hangat siapapun yang sedang datang ke pulau ini. Rerumputan yang tumbuh tinggi dan juga luas memenuhi puncak bukit, sangat cocok sekali untuk dijadikan tempat berfoto.

Perpaduan hijaunya hamparan rerumputan di puncak perbukitan dengan warna birunya air laut di sekitar pulau ini, akan menambah keindahan lukisan sang pencipta di Gorontalo Utara.
Suka artikel berjudul Wisata Pulau Diyonumo di Gorontalo, Yuk bagikan ke: