Inilah 4 Senjata Tradisional Dari Papua Barat dan Papua


Inilah 4 Senjata Tradisional Dari Papua Barat dan Papua

Masyarakat Papua memang sudah dikenal luas sebagai salah satu masyarakat yang mempunyai kebudayaan cukup unik. Kedekatan mereka terhadap alam di sekitar membuat kehidupannya tidak dapat dilepaskan begitu saja dengan bahan-bahan alam.

Hal tersebut masih dapat dilihat dari rumah adat dan juga pakaian yang mereka pakai yang keseluruhannya nyaris tidak menggunakan bahan buatan, bahkan sampai saat ini. Hal yang pun ternyata juga berlaku pada perkakas dan juga senjata yang mereka pakai dalam berburu dan perang.

Dalam kebudayaan masyarakat Papua, senjata merupakan benda yang memiliki peran penting didalam kehidupan mereka. Senjata bagi masyarakat Papua berfungsi sebagai alat untuk mempertahankan hidup, baik itu untuk mendapat hewan buruannya, melindungi diri sendiri dari serangan musuh, serta berperang dalam melawan kelompok suku lain yang mengganggu daerah kekuasaannya.

Jika kita masuk dan juga mengenal kebudayaan tradisional Papua, kita akan menemukan adanya 4 (empat) senjata tradisional yang biasa mereka gunakan sehari-hari. Nah berikut ini 4 senjata tradisional masyarakat Papua :

Daftar Isi

1. Busur dan Panah

Busur dan Panah, Senjata Tradisional Dari Papua Barat dan Papua
Busur dan Panah

Busur dan Panah merupakan sejata yang paling populer dan juga sering digunakan oleh masyarakat Papua. Senjata ini biasanya dipakai untuk berburu babi ataupun hewan liar lainnya. Selain itu, seringnya konflik diantara kelompok yang terjadi membuat senjata ini juga selalu digunakan dalam berperang.

Pada busur terbuat dari kayu rumi dengan seutas tali yang terbuat dari rotan. Sementara itu anak panahnya terbuat dari kayu dengan mata panahnya yang terbuat dari tulang hewan yang sudah diruncingkan. Mata panah ini umumnya akan dibubuhi cairan racun yang berasal dari getah tumbuhan hutan guna menambah efek luka.

2. Tombak

Tombak, Senjata Tradisional Dari Papua Barat dan Papua
Tombak

Tombak merupakan senjata tradisional Papua yang sering dipakai untuk serangan jarak jauh. Senjata ini digunakan dalam berburu ataupun perang. Pada pegangan tombak terbuat dari kayu, sedangkan pada matanya terbuat dari batu atau tulang tajam. Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini mata tombak kerap juga ditemukan terbuat dari bahan logam. Selain itu, modifikasi mata tombak yang beragam juga tak jarang dijumpai.

3. Pisau Belati

Pisau Belati, Senjata Tradisional Dari Papua Barat dan Papua
Pisau Belati

Kita mungkin telah mengenal jenis senjata tradisional satu ini. Tetapi, tahukah kalian jika pisau belati dari Papua ini sangatlah jauh berbeda dengan pisau belati pada umumnya yang terdapat di daerah-daerah lain di Indonesia. Jika belati pada umumnya terbuat dari bilah logam, bilah belati dari Papua ini justru hanya terbuat dari tulang kaki burung kasuari, yaitu burung endemik Papua.

Tulang kaki burung kasuari ini dipilih dikarenakan mudah untuk dibentuk dan juga ditajamkan, namun tetap mempunyai struktur yang kuat. Pada gagang atau pegangan pisau belati Papua ini umumnya juga dilengkapi dengan hiasan bulu dari burung kasuari atau serat alam.

4. Kapak Batu

Kapak Batu, Senjata Tradisional Dari Papua Barat dan Papua
Kapak Batu

Dalam kegiatan bertani ataupun membuka hutan, masyarakat pedalaman Papua di masa lampau memanfaatkan bebatuan tajam sebagai mata kapaknya. Batuan ini diikat dengan rotan dibagian pegangannya yang terbuat dari sepotong tongkat kayu. Meskipun demikian, jenis senjata tradisional satu ini sudah mulai punah dengan seiring perkembangan zaman. Hanya kelompok terisolir di dalam hutan sajalah yang masih menggunakan senjata ini.
Suka artikel berjudul Inilah 4 Senjata Tradisional Dari Papua Barat dan Papua, Yuk bagikan ke: