Inilah 4 Senjata Tradisional Dari Sulawesi Selatan

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Inilah 4 Senjata Tradisional Dari Sulawesi Selatan

Badik atau yang dilafalkan "badek" merupakan senjata tradisional berupa sebuah pisau tajam dan juga runcing dengan gagang atau pegangannya yang melengkung. Bilah tajam digunakan untuk menikam, sementara pada bagian ujungnya yang lancip digunakan untuk menusuk. Oleh sebab itu senjata tradisional dari Provinsi Sulawesi Selatan ini masuk ke dalam jenis senjata tikam tusuk.

Badik sebenarnya tidak hanya ditemukan di dalam kebudayaan masyarakat suku Bugis, melainkan juga bisa ditemukan di dalam kebudayaan suku Makassar dan juga Mandar. Bentuknya yang mungil serta ukurannya yang pendek membuat senjata tradisional ini selalu dibawa kemanapun oleh para pria saat bepergian. Selain berfungsi sebagai menjaga diri dari serangan para musuh ataupun hewan buas, badik juga bisa memberikan rasa aman kepada pemiliknya.

Berdasarkan dari segi bentuk dan juga asal daerahnya, Badik ini dibedakan menjadi 4 jenis. Nah apa sajakah senjata tradisional badik tersebut ?

Berikut ini 4 senjata tradisional dari Sulawesi Selatan :

Daftar Isi

1. Badik Raja

Badik Raja, Senjata Tradisional Dari Sulawesi Selatan
Badik Raja

Badik raja merupakan jenis badik yang berasal dari Kabupaten Bone, tepatnya dari daerah Kajuara. Masyarakat sekitar percaya jika badik dengan nama lain gencong raja atau bontoala ini dibuat oleh mahluk halus, tidak mengherankan jika nilai sakral yang dipunyainya menjadi sangat tinggi.

Badik raja ini memiliki ukuran agak besar dengan panjang antara 20 cm sampai 25 cm. Bentuknya menyerupai badik lampo battang dengan bagan bilahnya yang membungkuk serta perut bilah yang membesar. Badik ini terbuat dari logam berkualitas tinggi dan selalu dilengkapi dengan pamor indah pada bagian hulunya, seperti halnya pamor timpalaja ataupun pamor mallasoancale.

Sesuai dengan namanya, senjata tradisional Sulawesi Selatan bernama Badik Raja ini dahulunya kerap dipakai oleh para raja-raja Bone.

2. Badik Lagecong

Badik Lagecong, Senjata Tradisional Dari Sulawesi Selatan
Badik Lagecong

Badik Lagecong dahulunya kerap dipakai dalam berperang ataupun di dalam keadaan terdesak. Yang unik dari senjata badik jenis ini yaitu adanya bisa racun yang terdapat pada bilahnya. Sekali melukai, maka lawan tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menghembuskan nafas terakhirnya. Oleh sebab itu, senjata badik ini mempunyai nilai kehormatan tersendiri.

Jenis senjata tradisional dari Provinsi Sulawesi Selatan ini hingga sekarang masih banyak dicari oleh orang sebagai benda koleksi. Ukurannya memanglah hanya sejengkalan tangan orang dewasa, namun mematikan. Itulah yang menambah nilai keunikannya.

3. Badik Luwu

Badik Luwu, Senjata Tradisional Dari Sulawesi Selatan
Badik Luwu

Sesuai dengan namanya, Badik Luwu ini berasal dari kebudayaan masyarakat di kabupaten Luwu di masa lampau. Bentuknya yang membungkuk seperti halnya bungkuk kerbau (mabbukku tedong). Bilahnya lurus dan juga meruncing pada bagian ujung. Sebagian masyarakat Bugis mempercayai jika badik ini disepuh dengan bibir kem*luan gadis perawan, maka orang yang memiliki ilmu kebal apapun akan tersungkur mati jika ditusuk.

4. Badik Lompo Battang

Badik Lompo Battang, Senjata Tradisional Dari Sulawesi Selatan
Badik Lompo Battang

Didalam bahasa Bugis, kata "lompo battang" artinya adalah perut besar. Tidak mengherankan jika bentuk bilah dari Badik Lompo Battang ini nampak seperti perut yang besar. Jenis senjata tradisional dari Provinsi Sulawesi Selatan ini juga tidak kalah unik. Wajar jika banyak para kolektor yang memburunya.

No comments: