Inilah 5 Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi Barat

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Inilah 5 Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi Barat

Sulawesi Barat memanglah merupakan provinsi yang baru dan terbentuk 13 tahun silam, yaitu tepatnya pada tanggal 5 Oktober 2004 silam. Tetapi, hal tersebut bukan berarti provinsi ini tidak mempunyai ikon kebudayaan sebagai bukti kemajuan peradaban masyarakatnya.

Kita dapat melihat budaya Suku Mandar sebagai entitas terbesar di provinsi yang memiliki julukan "Mellete Diatonganan ini. Di dalam budaya dan juga seni musik misalnya, kita dapat melihat beberapa jenis alat musik tradisional Provinsi Sulawesi Barat. Nah apa sajakah alat musik tersebut?

Nah berikut ini adalah 5 alat musik dari Provinsi Sulawesi Barat :
Daftar Isi

1. Kecapi Mandar

Kecapi Mandar, Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi Barat
Kecapi Mandar

Kecapi Mandar merupakan alat musik tradisional petik yang berasal dari kebudayaan suku Mandar di Provinsi Sulawesi Barat. Alat musik ini dapat dibilang unik dan juga berbeda dengan jenis kecapi lainnya yang berasal dari kebudayaan Tionghoa. Kecapi Mandar dimainkan dengan cara direngkuh oleh para pemainnya seperti di dalam permainan gitar.

Jumlah senar dari instrumen ini terbilang cukup banyak, yaitu sekitar 20 (dua puluh) buah. Oleh karena itu sangat jarang masyarakat Mandar yang dapat memainkan alat musik ini. Umumnya hanya mereka yang lanjut usialah yang dapat memainkannya, itu pun hanya dalam jumlah yang terbatas. Di dalam bahasa Mandar sendiri, Kecapi Mandar ini disebut dengan nama Kacaping Tobaine.

2. Calong

Calong, Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi Barat
Calong

Calong merupakan alat musik pukul yang terbuat dari bahan buah kelapa dan juga bambu. Awalnya alat musik yang tergolong ke dalam jenis perkusi ini dimainkan secara tunggal, tetapi di dalam perkembangannya Calong kemudian dikolaborasikan dengan alat musik tradisional lainnya dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat yang pertama, yaitu tepatnya pada tahun 2007, Calong ini sempat dimainkan secara masal sebagai musik pembukaannya.

3. Gongga

Gongga, Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi Barat
Gongga

Gongga sebenarnya mirip seperti alat musik kelintang. Alat musik tradisional dari Provinsi Sulawesi Barat ini terbuat dari susunan bilah-bilah bambu dengan berbagai ukuran dan berjumlah 7 (tujuh) buah. Bilah bambu Gongga tersebut diuntai ke dalam sebuah ikatan tali serta akan menghasilkan nada-nada melodis ketika dipukul. Untuk resonatornya, pada bagian untaian bilah bambu tersebut diletakan sebuah bambu bulat yang dilubangi pada bagian tengahnya.

4. Keke

Keke, Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi Barat
Keke

Keke merupakan alat musik tiup atau aerophone yang terbuat dari bambu khas dari suku Mandar. Alat musik ini selama bertahun-tahun dianggap sudah mati suri. Hingga saat ini hanya ada beberapa orang tua saja yang dapat memainkannya. Bentuknya sendiri pun seperti alat musik tradisional genggong dengan ornamen khusus pada beberapa bagiannya.

5. Rebana

Rebana, Alat Musik Tradisional Dari Sulawesi Barat
Rebana

Kebudayaan melayu ternyata juga mengambil andil besar di dalam kehidupan masyarakat suku Mandar dan Toraja di Provinsi Sulawesi Barat. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya alat musik bernama rebana di dalam daftar alat musik tradisionalnya. Rebana dari Suku Mandar ini mempunyai keunikan tersendiri. Pada bagian samping rangkanya tidak ada logam-logam yang menghasilkan suara gemerincing ketika bagian membrannya ditepuk.

No comments: