Inilah 5 Senjata Tradisional Dari Bengkulu

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Inilah 5 Senjata Tradisional Dari Bengkulu

Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mayoritas para penduduknya berkebudayaan sub etnis Melayu. Sesuai dengan pengaruh kebudayaan sub etnis Melayu yang sudah tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat Provinsi Bengkulu, di sini kita juga dapat mengenal kebudayaan tradisional Bengkulu, salah satunya adalah senjata tradisional mereka di masa lampau. beberapa senjata tradisional dari Provinsi Bengkulu ini umumnya memiliki nilai keunikan tersendiri. Nah apa sajakah senjata tradisional tersebut?

Berikut ini 5 senjata tradisional dari Bengkulu :

Daftar Isi

1. Keris Bengkulu

Keris Bengkulu, Senjata Tradisional Dari Bengkulu
Keris Bengkulu

Seperti halnya kebanyakan daerah yang banyak dihuni oleh masyarakat sub etnis Melayu, masyarakat di Provinsi Bengkulu juga mengenal senjata keris sebagai salah satu senjata tradisionalnya. Senjata Keris Bengkulu ini tidak mempunyai banyak perbedaan dengan keris lainnya. Salah satu kekhasan yang paling mencolok dari keris asli Provinsi bengkulu ini terletak pada luk atau lekukannya yang berjumlah genap dan tahta yang ada di gagang dan sarungnya.

2. Rambai Ayam

Rambai Ayam, Senjata Tradisional Dari Bengkulu
Rambai Ayam

Rambai ayam merupakan senjata tradisional asli Bengkulu yang tidak bisa ditemukan di provinsi lainnya di Indonesia. Senjata tradisional ini berupa senjata tusuk dengan bagian ujungnya yang runcing serta salah satu bagian sisinya yang sangat tajam. Sebagian masyarakat Provinsi Bengkulu juga menyebut senjata rambai ayam ini dengan sebutan Jembio.

Keunikan dari senjata ini terletak pada beberapa ornamennya. Selain karena bagian bilahnya yang melengkung dengan sudut yang kecil (seperti halnya taji ayam) sehingga akan sangat mematikan jika digunakan untuk berkelahi, senjata ini juga dilengkapi dengan berbagai pahatan di bagian kerangka dan pegangannya.

3. Sewar

Sewar, Senjata Tradisional Dari Bengkulu
Sewar

Sewar merupakan senjata tradisional tikam dari Bengkulu. Di daerah lain, seperti halnya di Provinsi Lampung senjata ini dikenal dengan sebutan Badik ataupun Badik Manna, atau di Provinsi Jambi yang lebih dikenal dengan sebutan Badik tumbuk Lado. Sampai saat ini, para pemuda di Bengkulu pedalaman masih sering memakai senjata ini. Mereka selalu menyelipkan senjata sewar ini pada bagian pinggangnya saat berpergian guna menjaga diri. Bentuk dari senjata ini adalah berupa sebilah pisau dengan 1 (satu) mata yang tajam dan bagian ujungnya yang meruncing sehingga dapat juga dipakai sebagai senjata tusuk.

4. Dodong

Dodong, Senjata Tradisional Dari Bengkulu
Dodong

Dodong atau juga disebut juga dengan pisau dodong merupakan senjata tradisional dari Bengkulu yang juga cukup populer. Namun, kepopuleran senjata ini bukan dikarenakan daya serangnya yang mematikan, melainkan karena senjata ini selalu digunakan sebagai pelengkap pakaian adat khas Provinsi Bengkulu yang dipakai para pengantin pria. Di Museum Bengkulu kita bisa melihat Dodong terpajang di salah satu kotak kaca.

5. Rudus

Rudus, Senjata Tradisional Dari Bengkulu
Rudus

Di antara kebanyakan senjata tradisional khas Bengkulu lainnya, rudus merupakan salah satu senjata yang kerap dipakai saat perang kemerdekaan. Senjata ini tampak seperti sebilah golok biasa dengan 1 (satu) mata yang tajam, tetapi jika dipakai oleh orang yang berpengalaman, maka senjata ini dapat menjadi senjata yang mematikan dalam menumpas musuh-musuhnya.

Jika kita perhatikan logo resmi dari Provinsi Bengkulu, maka kita akan melihat 2 (dua) buah pedang yang saling bersilangan tepat di bagian tengah logo tersebut. Kedua senjata itulah yang bernama rudus. Senjata ini dianggap penting bagi kehidupan masyarakat di Provinsi Bengkulu, selain sebagai lambang harga diri dan juga senjata pamungkas dalam melawan para penjajahan, senjata ini juga karena mempunyai nilai sakral terutama di dalam prosesi penobatan datuk raja di masa lampau.

No comments: