Inilah 5 Senjata Tradisional Dari Jambi

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Inilah 5 Senjata Tradisional Dari Jambi

Kebudayaan masyarakat Provinsi Jambi merupakan percampuran dari berbagai macam kebudayaan suku bangsa di dalam ras Melayu. Suku kerinci, suku anak dalam, suku kubu, dan juga suku batin yang hidup saling berdampingan di wilayah semenanjung Pulau Sumatera ini masing-masing mempunyai ciri khas yang sangat unik. Salah satu keunikan kebudayaan dari suku-suku di Provinsi Jambi tersebut ada pada beberapa perkakas senjata tradisionalnya.

Sebenarnya masyarakat Provinsi Jambi mempunyai berbagai macam varian senjata tradisional. Perkembangan dan juga pengaruh dari kerajaan Melayu dan juga kerajaan Sriwijaya di masa lampau mewariskan pengetahuan mengenai ragam senjata tersebut. Namun dengan seiring kemajuan zaman banyak diantara senjata tersebut  punah dan hingga saat ini hanya tersisa 5. Nah apa sajakah senjata tradisional tersebut?

Berikut ini 5 senjata tradisional dari Jambi :
Daftar Isi

1. Badik Tumbuk Lada

Badik Tumbuk Lada, Senjata Tradisional Dari Jambi
Badik Tumbuk Lada

Badik Tumbuk Lada merupakan senjata tradisional Jambi yang berupa sebuah badik (senjata tikam) dengan keunikannya yang ada pada desain gagang, bilah, dan juga sarungnya. Tidak seperti halnya senjata Badik khas Sulawesi, badik tumbuk lado ini lebih terkesan sederhana. Tidak ada banyak ukiran ataupun hiasan selain pada bagian gagang ataupun pegangannya yang dilengkapi dengan motif sederhana.

Selain sebagai alat perlindungan diri disaat sedang berburu ataupun ketika berkelahi, badik tumbuk lado di masa sekarang ini juga sudah beralih fungsi sebagai identitas bagi masyarakat Provinsi Jambi.

2. Keris Siginjai

Keris Siginjai, Senjata Tradisional Dari Jambi
Keris Siginjai

Selain senjata bernama badik tumbuk lado, Provinsi Jambi juga mempunyai senjata tradisional lainnya yang fungsinya sebagai identitas diri. Jika kita memperhatikan logo resmi dari Provinsi Jambi sekarang ini, kita akan melihat gambar sebilah senjata keris pada bagian tengah logo tersebut. Gambar keris tersebut merupakan gambar senjata keris bernama "keris Siginjai".

Menurut sejarahnya, keris Siginjai ini merupakan senjata keris yang dimiliki Raja Rangkayo Hitam, yaitu Raja Jambi yang bijaksana. Keris tersebut merupakan alat yang dipakai oleh sang raja dalam melindungi diri. Raja selalu membawanya kemanapun dikarenakan senjata ini selalu disimpan sebagai tusuk kondenya. Tusuk konde yang di dalam Bahasa Jambi disebut dengan Ginjai menjadi asal usul dari penamaan senjata tradisional khas Jambi ini.

Keris siginjai diwariskan secara turun temurun kepada para raja yang bertahta. Raja terakhir yang mewarisi keris siginjai ini adalah Sultan Achmad Zainudin yang berkuasa pada awal abad 20 M. Keris siginjai memiliki panjangnya sekitar 39 cm, berluk atau berlekuk 5, dan terbuat dari bahan dasar besi, nikel, emas, dan juga kayu untuk serangkanya.

3. Sumpit

Sumpit, Senjata Tradisional Dari Jambi
Sumpit

Suku Kubu seperti halnya suku anak dalam yang sampai saat ini masih tetap bertahan hidup di hutan serta menjauhkan diri dari lingkungan luar selalu memakai senjata bernama sumpit ini saat sedang berburu. Hewan buruan akan disumpit memakai selongsong panjang yang diisi dengan sebuah anak panah yang telah diberi racun. Hewan-hewan buruan seperti babi, rusa, kancil, dan juga kijang hutan tidak akan dapat kabur jauh jika terlukai oleh anak panah beracun tersebut.

4. Tombak Jambi

Tombak Jambi, Senjata Tradisional Dari Jambi
Tombak Jambi

Senjata Tombak memang sudah banyak dikenal oleh sebagian besar suku-suku di Indonesia sebagai salah satu senjata tradisional yang memiliki banyak fungsi. Tidak terkecuali dengan masyarakat suku di Jambi. Meskipun demikian, senjata tombak khas Jambi mempunyai beberapa keunikan. Pada bagian tangkai pegangan paling pangkal tombak ini umumnya akan ikut diruncingkan, lalu pada bagian tangkai yang dekat dengan mata tombak akan diberi secama penadah.

5. Pedang Jambi

Pedang Jambi, Senjata Tradisional Dari Jambi
Pedang Jambi

Secara sekilas, senjata pedang Jambi ini nampak seperti senjata pedang pada umumnya, tetapi jika diperhatikan secara lebih seksama, pedang Jambi terdapat 2 (dua) mata di bilah pedang ini. keduanya tajam dan juga bisa melukai. Sangat berbeda dengan senjata pedang pada umumnya yang hanya mempunyai 1 (satu) mata yang tajam.

No comments: