Inilah 6 Senjata Tradisional Dari Jawa Tengah




Budaya masyarakat di Jawa Tengah dikenal sebagai yang tertua di dalam kebudayaan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan oleh banyak peninggalan sejarah, baik itu berupa peninggalan benda seperti arca, candi, dan prasasti, maupun peninggalan berupa perkakas dan juga alat-alat tradisional yang hingga saat ini masih digunakan.

Salah satu peninggalan perkakas tradisional tersebut salah satunya adalah berupa senjata. Sebenarnya ada banyak sekali ragam dan juga jenis senjata yang dikenal di dalam budaya masyarakat Jawa kuno. Kejayaan yang dimiliki oleh kerajaan Majapahit dan juga kerajaan lainnya di masa lampau membuktikan bahwa teknologi persenjataan masyarakat Jawa, khusunya masyarakat Provinsi Jawa Tengah sudah selangkah lebih maju dibandingkan dengan bangsa lain di nusantara.

Meskipun demikian, banyak di antara senjata tradisional kebanggaan masyarakat tanah Jawa tersebut yang hingga saat ini sudah punah dan tersisa. Hanya tertinggal beberapa jenis senjata tradisional Provinsi Jawa Tengah yang masih bisa ditemukan sampai saat ini.

Berikut ini 6 senjata tradisional dari Jawa Tengah :

Daftar Isi

1. Keris

Keris

Keris memanglah sudah diakui sebagai senjata tradisional yang memiliki nilai seni yang tinggi. Daya serangnya yang dapat melumpuhkan dari jarak dekat juga tidak dapat dianggap remes.

Di beberapa daerah yang dihuni entitas Melayu, seperti di Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi, bahkan sampai ke Malaysia kita juga dapat menemukan senjata serupa. Namun, keris Jawa ini cenderung lebih populer karena selalu dianggap mempunyai tuah tertentu.

Keris Jawa dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk, mulai itu dari yang tanpa luk atau lekukan, berluk 3, 5, 7, dan seterusnya. Banyak para wisatawan mancanegara dan juga domestik yang mengoleksi senjata tradisional khas satu ini sebagai bentuk kekaguman di dalam setiap corak tempaan yang terpahat di bilahnya.

Baca Juga :

2. Wedhung

Wedhung

Tidak banyak yang mengetahui jika Provinsi Jawa Tengah mempunyai senjata tradisional bernama Wedhung ini. keberadaannya dari wedhung ini memanglah kalah populer dibandingkan dengan keris. Namun akan tetapi, di masa lampau senjata jenis tikam ini ternyata lebih sering dipakai oleh masyarakat biasa.

Bentuk dari senjata Wedhung ini adalah seperti pisau dengan 1 (satu) mata bilah yang tajam. Senjata tradisional ini dilengkai dengan serangka yang terbuat dari kayu jati.

3. Tombak

Tombak

Jika kalian pernah melihat film kolosal Jawa, pastinya kalian pernah melihat para prajurit kerajaan yang memakai tombak dan perisai untuk menjaga diri. Senjata tombak memang banyak dipakai di masa lalu, meskipun saat ini sudah tidak lagi. Salah satu tombak yang cukup terkenal dan juga selalu dikeramatkan adalah tombak bernama Kyai Pleret.

4. Plintheng

Plintheng

Plintheng merupakan senjata tradisional Provinsi Jawa Tengah yang selalu dipakai sebagai sarana hiburan anak-anak di masa lalu. Di dalam bahasa Indonesia, senjata tradisionak ini bernama ketapel.

Plintheng ini terbuat dari kayu cagak, 2 (dua) buah karet, serta selembar kulit hewan. Sedangkan untuk pelurunya menggunakan batu atau kerikil. Untuk cara menggunakan senjata ini adalah dengan menarik karet, sehingga akan menciptakan gaya pegas yang kuat.

5. Thulup

Thulup

Di tanah Jawa, sumpit ini dikenal dengan nama thulup. Thulup ini hampir sama dengan senjata tradisional masyarakat suku dayak di Pulau Kalimantan, namun untuk dari ukurannya thulup ini cenderung lebih pendek dibandingkan dengan sumpit khas Dayak.

Senjata tradisional Thulup digunakan dengan cara ditiup dan dilengkapi dengan anak tulup sebagai pelurunya. Untuk menambah efek rasa sakit, anak thulup bisa ditambahkan atau direndam terlebih dahulu ke dalam cairan racun alami sebelum kemudian digunakan.

Baca Juga :

6. Condroso

Condroso

Wanita di tanah jawa dikenal sebagai wanita yang mandiri dan juga mampu menjaga diri. Pada masa lampau, mereka selalu membawa senjata di dalam melindungi diri dari tindak kejahatan. Namun, senjata yang dibawa tersebut tidaklah berbentuk senjata pada umumnya, melainkan hanya sebatas tusuk konde. Tusuk konde ini mempunyai ujung tusuk yang tajam dan diberi nama dengan condroso.
Suka artikel berjudul Inilah 6 Senjata Tradisional Dari Jawa Tengah, Yuk bagikan ke: