Tari Wiranata, Tarian Tradisional Dari Bali

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Tari Wiranata, Tarian Tradisional Dari Bali

Tari Wiranata adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Bali. Tarian ini merupakan tari kreasi yang diciptakan oleh Nyoman Ridet pada tahun 1960. Tari Wiranata ini mengambarkan kesan gagah dari seorang penari serta cocok sekali dalam melukiskan seseorang yang punya pengaruh dan wibawa seperti seorang raja.

Dalam pertunjukannya, Tari Wiranata pada umumnya akan ditarikan oleh remaja putri, namun memungkinkan juga ditarikan oleh penari putra, baik itu dalam pementasan berkelompok (massal) maupun seorang diri (tunggal). Kesan keagungan akan tercermin dari gerakan tarian yang lincah, ekspresi wajah yang terkadang keras dan lembut, dan juga gerakan bola matanya (seledet) yang mencerminkan kewibawaan yang kental.

Semuanya tersebut dipadu menjadi gerakan yang utuh, sehingga akan terlihat sangat indah dengan estetika tinggi, dibalut dengan kostum berwarna cerah menjadi penampilannya begitu sempurna di mata para penikmat seni tari, sehingga tarian ini menjadi tontonan menarik dan menjadi hiburan wisata Pulau Bali di dalam wujud seni yang indah.

Dalam perkembangannya, meskipun di era sudah modern dan banyak tarian tradisional khas Bali yang mengalami perkembangan yang sulit, namun masih banyak pemerhati seni yang konsen dalam mengabdikan kehidupannya untuk mengapresiasi seni tari ini, termasuk juga pada Tari Wiranata ini yang merupakan tari kreasi yang masih berkembang dengan cukup baik. Bahkan untuk memotifasi para peminatnya juga kerap diadakan perlombaan dan dipertontonkan untuk lebih mengenalkan lagi kepada para generasi penerus.