Tari Selamat Datang, Tarian Tradisional Khas Papua


Tari Selamat Datang, Tarian Tradisional Khas Papua

Tari Selamat Datang merupakan tarian tradisional sejenis tarian penyambutan yang berasal dari daerah Papua. Tarian ini umumnya dibawakan oleh para penari pria dan wanita didalam menyambut para tamu kehormatan atau tamu penting yang sedang berkunjung ke sana. Tari Selamat Datang adalah salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal disana. Selain gerakannya yang khas dan juga enerjik, tarian tradisional ini tentunya sangat kaya akan makna dan juga nilai-nilai yang terdandung di dalamnya.

Daftar Isi

Sejarah Tari Selamat Datang

Menurut beberapa sumber, Tari Selamat Datang telah ada sejak zaman dahulu. Di Papua sendiri yang pada dasarnya mempunyai banyak suku dan disetiap suku umumnya mempunyai ciri khasnya tersendiri di dalam tarian selamat datang mereka. Tarian ini sejak dahulu kala kerap dilakukan oleh masyarakat Papua untuk menyambut kedatangan para tamu. Tari Selamat Datang sendiri merupakan simbol penghormatan serta tanda bahwa para tamu tersebut akan diterima dengan sangat baik oleh masyarakat disana.

Tari Selamat Datang ini sudah menjadi sebuah tradisi dikalangan masyarakat Papua, sehingga tarian tradisional ini masih terus dikembangkan dan juga dilestarikan oleh masyarakat disana hingga saat ini. Karena kecintaan mereka terhadap kebudayaan Papua, para seniman disana kemudian mengembangkan tarian tradisional ini. Dengan membawa unsur kebudayaan Papua yang beraneka ragam dan ciri khas masyarakat Papua di dalamnya, maka jadilah Tari Selamat Datang yang kerap ditampilkan sekarang ini. Meskipun demikian beberapa suku di Papua masih tetap mempertahankan tarian ini yang menjadi ciri khas mereka dahulu.

Fungsi Dan Makna Tari Selamat Datang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika Tari Selamat Datang ini berfungsi untuk menyambut kedatangan para tamu terhormat. Bagi masyarakat Papua tarian ini dimaknai sebagai bentuk ungkapan rasa hormat dan juga tanda jika tamu tersebut diterima dengan sangat baik oleh masyarakat disana. Selain itu ari Selamat Datang juga dimaknai sebagai bentuk ungkapan rasa syukur serta kebahagiaan masyarakat di dalam menyambut para tamu. Hal ini sangat terlihat dari segi gerakan dan juga ekspresi para penari ketika menari dengan penuh kebahagiaan serta keceriaan.

Pertunjukan Tari Selamat Datang

Tari Selamat Datang umumnya akan dibawakan oleh para penari pria dan juga penari wanita. Untuk jumlahnya biasanya akan sesuaikan oleh kebutuhan dan jumlah kelompok. Di dalam pertunjukannya para penari akan memakai busana tradisional khas Papua, dan dilengkapi dengan atribut menari seperti halnya senjata dan juga alat musik tradisional berupa tifa.

Dengan diiringi lagu dan musik pengiring, para penari akan menari dengan gerakannya yang sangat khas. Gerakan di dalam tarian ini sangat enerjik, sehingga menggambarkan sebuah keceriaan dari para penarinya. Di dalam pertunjukannya, Tari Selamat Datang ini akan dibagi menjadi beberapa babak dan disetiap babaknya memiliki gerakan yang berbeda-beda.

Salah satu keunikan dari tarian ini yaitu pada saat para penari wanita menjemput para tamu kehormatan, lalu memakaikan sebuah kalung dan penutup kepala untuk bentuk penghormatan terhadap mereka. Tamu tersebut lalu diajak menari bersama dengan para penari sampai selesai. Hal tersebut menggambarkan jika para tamu telah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat dan telah menjadi bagian dari mereka semua.

Pengiring Tari Selamat Datang

Dalam pertunjukan Tari Selamat Datang umumnya akan diiringi oleh alunan musik tradisional dan lagu. Alat musik pengiring tersebut biasanya terdiri dari ukulele, tifa, gitar, dan stem bass yang biasanya dibuat sendiri oleh mereka. Untuk lagu dan juga irama yang dimainkan umumnya merupakan lagu yang bertemakan keceriaan. Selain itu, lagu tersebut biasanya juga harus disesuaikan dengan gerakan dari para penarinya.

Kostum Tari Selamat Datang

Untuk kostum yang dipakai, biasanya akan memakai pakaian tradisional yang terbuat dari daun atau akar. Tetapi sekarang ini banyak juga yang menggantinya dengan menggunakan pakaian kain sebagai pengembangan supaya terlihat sangat menarik. Meskipun demikian, aksesoris yang dipakai masih tetap sama, seperti halnya memakai kalung, penutup kepala, dan gelang, serta lukisan etnik yang mewarnai keseluruhan tubuh mereka. Sehingga ciri khas Papua masih tetap melekat.

Perkembangan Tari Selamat Datang

Dalam perkembangannya, tarian ini masih tetap dilestarikan dan juga dikembangkan sampai saat ini. Berbagai macam kreasi dan juga variasi kerap ditambahkan di dalam pertunjukannya, baik itu di dalam segi gerakan, kostum, maupun musik pengiringnya supaya terlihat sangat menarik. Selain itu, Tari Selamat Datang ini juga tidak hanya ditampilkan didalam upacara penyambutan saja, tetapi juga kerap ditampilkan diberbagai acara kebudayaan seperti festival budaya, pertunjukan seni, dan promosi pariwisata. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk usaha didalam melestarikan dan memperkenalkannya kepada para generasi muda danmasyarakat luas tentang kebudayaan yang mereka miliki.
Suka artikel berjudul Tari Selamat Datang, Tarian Tradisional Khas Papua, Yuk bagikan ke: