Inilah 5 Keunikan Tari Jaipong Jawa Barat Dan Penjelasannya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Inilah 5 Keunikan Tari Jaipong Jawa Barat Dan Penjelasannya

Tari Jaipong adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Salah satu keunikan pada tari jaipong ini adalah pada gerakan tariannya yang sangat enerjik dan juga memakai kostum atau busana yang sangat mencolok. Bagi anda yang sudah pernah menonton pertunjukan tari jaipong ini tentunya telah mengetahui jika tarian tradisional satu ini sama sekali tidak akan membosankan.

Walaupun Tari Jaipong ini merupakan tarian tradisional namun tarian ini disukai oleh hampir disemua kalangan umur. Nah, sebelum kita mengetahui apa saja keunikan pada Tari Jaipong, mari kita mengenal secara sekilas tentang Tari Jaipong dari Provinsi Jawa Barat ini.

Apa Itu Tari Jaipong?

Tari Jaipong merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Menurut sejarahnya, tarian ini lahir hasil dari buah pemikiran seorang Haji Suanda ditahun 1976. Beliau adalah seniman kelas atas yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. Talentanya yang sangat besar sehingga dapat melahirkan berbagai macam kreasi gerakan tari yang terkenal sampai saat ini. Dalam prosesnya beliau menggabungkan berbagai macam unsur-unsur seni pertunjukan serta menginovasikannya menjadi sebuah pertunjukan yang sangat unik. Dari situlah kemudian lahir sebuah pertunjukan (yang ketika itu belum disebut nama tari jaipong) yang sangat mengagumkan.

Karya daru Haji Suanda yang satu ini selalu menjadi hiburan yang fenomenal bagi semua kalangan masyarakat. Tidak hanya dapat menarik perhatian masyarakat biasa saja, namun taro jaipong ketika itu juga turut memancing antusiasme dari para seniman lainnya.

Gugum Gumbira adalah salah satu seniman yang sangat tertarik dengan hasil kreasi dari Haji Suanda tersebut. Beliau pun kemudian menjadi sangat getol sekali dalam belajar gerakan-gerakan tarinya. Lalu setelah menguasai gerakan tarian tersebut, Gugum Gumbira pun kemudian mengemas ulang gerakan-gerakan yang ada didalam tarian tersebut sehingga menjadi gerakan baru serta memperkenalkannya sebagai Tari Jaipong di masyarakat Bandung, Jawa Barat.

Keunikan Tari Jaipong

Nah setelah mengetahui secara singkat tentang penjelasan tari jaipong dari Jawa Barat, tentunya kita juga harus mengetahui apa saja keunikan-keunikan yang melatarbelakangi pada tarian ini. Inilah 5 keunikan tari jaipong dari Jawa Barat.
  1. Tidak seperti halnya beberapa tarian tradisional lainnya yang memiliki sifat lemah lembut, namun gerakan enerjik pada tari jaipong yang dibawakan oleh para penari ini dapat membuat orang yang menontonnya tidak merasa bosan sama sekali.
  2. Musik pengiringnya dapat membuat tarian ini semakin sangat menarik dan juga gembira, karena perpaduan instrumen atau alat musik seperti Gong, Gendang, Alat Musik Ketuk, dan juga vokal sindennya di padupadankan dengan sangat baik sekali.
  3. Kostum atau busana para penarinya sangat identik dengan para penarinya itu sendiri.
  4. Walaupun tarian ini berasal dari Provinsi Jawa Barat, namun nama Tari Jaipong pastinya sudah dikenal sampai keseluruh pelosok negeri ini.
  5. Ciri khasnya yang paling kental yaitu pada gaya kalerannya atau yang artinya keceriaan, semangat, humoris, erotis, spontanitas dan juga kesederhanaan.

No comments: