Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia

Candi adalah salah satu peninggalan sejarah dimasa lalu. Candi yang terdapat di Indonesia kebanyakan adalah peninggalan dimasa kerajaan Hindu-Buddha. Sebagian dari peninggalan sejarah tersebut sudah mulai terlupakan. Sebagai para millenials, tentunya kita wajib untuk melestarikannya. Banyak candi-candi yang masih berdiri dengan kokoh dan megah. Saat ini dipakai sebagai tempat wisata, sejarah, tempat untuk mempelajari kehidupan, tempat belajar, dan lain sebagainya. Satu hal pertama yang harus kita lakukan yaitu adalah mengetahui candi tersebut, baik dari namanya, lokasi, dan juga sejarahnya. Nah berikut adalah 10 candi termegag yang ada di Indonesia:

1. Candi Borobudur di Magelang, Provinsi Jawa Tengah

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Borobudur di Magelang, Provinsi Jawa Tengah

Borobudur adalah salah satu candi peninggalan dari kerajaan Buddha. Sebagai salah satu candi peninggalan Buddha yang sangat terkenal, Borobudur tentunya mempunyai keistimewaan. Diantaranya adalah pencapaian estetika arsitekturnya. Megahnya Candi Borubudur juga menjadi satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Orang Indonesia tentunya sudah pasti sangat familiar dengan candi satu ini. Bisa dibilang Candi Borobudur ini merupakan salah satu destinasi wajib untuk berwisata, baik itu dalam liburan keluarga maupun kunjungan instansi.

2. Kompleks Candi Dieng di Dieng, Provinsi Jawa Tengah

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Kompleks Candi Dieng di Dieng, Provinsi Jawa Tengah

Kompleks candi Dieng berada di kawasan wisata dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Candi ini mempunyai 8 bangunan. Nama-namanya pun diambil dari beberapa nama di pewayangan. Diantaranya adalah seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Arjuna, Candi Sembadra, Candi Puntadewa, Candi Bima, Candi  Gatotkaca, dan Candi Dwarawati.

3. Candi Gedong Songo di Semarang, Provinsi Jawa Tengah

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Gedong Songo di Semarang, Provinsi Jawa Tengah

Sesuai dengan namanya, Candi Gedong Songo ini artinya adalah sembilan. Tetapi, saat ini hanya tersisa 5 candi saja. Candi-candi tersebut terpisah dan letaknya tidak berada didalam satu area. Untuk dapat mencapainya, kamu diharuskan untuk berjalan menanjak, sebab candi satu ini letaknya berada di dataran tinggi. Namun jangan khawatir, sebab kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang tentunya sangat mempesona.

4. Candi Plaosan di Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Plaosan di Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Candi Plaosan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Plaosan Kidul (bagian selatan) dan Plaosan Lor (bagian utara). Candi Plaosan merupakan candi peninggalan Buddha, Meskipun begitu, pada arsitekturnya merupakan perpaduan diantara agama Buddha-Hindu. Candi Plaosan menjadi satu alternatif destinasi wisata yang sangat cocok untuk mengalihkan crowd di Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Bagi sebagian masyarakat, Candi Plaosan ini sudah tidak asing lagi. Sebab, candi ini pernah menjadi lokasi iklan disalah satu stasiun TV.

5. Candi Sewu di Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Sewu di Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Kompleks Candi Sewu adalah kumpulan dari candi Buddha yang berada disekitar Candi Prambanan. Popularitasnya juga tidak setinggi dengan Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Candi ini pernah mengalami kerusakan disebabkan bencana gempa Yogyakarta. Meskipun demikian, saat ini Candi Sewu adalah salah satu kompleks candi termegah. Luasnya yaitu sekitar 185 meter x 165 meter. Tinggi candi utamanya sendiri yaitu mencapai 30 meter.

6. Candi Prambanan di Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Prambanan di Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Candi Prambanan merupakan candi yang terkenal dengan kisah dari si Roro Jonggrang, dimana mengisahkan tentang perempuan yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso hingga menjadi candi. Candi yang dimaksud tersebut saat ini menjadi yang utama. Bagi para millenials, mungkin akan lebih mengenal candi satu ini dari salah satu event musik, yaitu Prambanan Jazz. Memang, Candi Prambanan ini kerap sering menjadi tempat berbagai macam event. Selain itu, dikompleks Prambanan itu sendiri kerap juga diadakan acara kesenian yang patut untuk dinikmati, seperti Ramayana Ballet.

7. Candi Ratu Boko di Sleman, Provinsi D.I.Yogyakarta

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Ratu Boko di Sleman, Provinsi D.I.Yogyakarta

Ratu Boko merupakan salah satu satu peninggalan budaya yang bertempat dekat dengan candi Prambanan. Keistimewaan dari candi ini yaitu mempunyai gerbang yang sangat megah serta area yang luas dihiasi oleh rerumputan. Waktu yang paling tepat untuk dapat mengunjungi Ratu Boko ini yaitu ketika sunset. Sebab, gerbang megah tersebut berlatarkan sinar matahari yang sedang terbenam, dimana pemandangan inilah yang sangat indah. Tempat ini juga semakin hits setelah menjadik lokasi syuting di film AADC 2.

8. Candi Ijo di Sleman, Provinsi D.I.Yogyakarta

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Ijo di Sleman, Provinsi D.I.Yogyakarta

Candi Ijo merupakan candi yang berlokasi dekat dengan Ratu Boko. Lokasinya cukup tinggi dibandingkan candi-candi lainnya yang ada di Yogyakarta. Candi Ijo sangat cocok dikunjungi saat sunrise dan sunset. Sebab letaknya berada di ketinggian, pemandangan sekitarnya pun sangat memukau.

9. Candi Cetho di Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Cetho di Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah

Kompleks candi satu dipakai oleh para penduduk setempat dan juga para peziarah beragama Hindu sebagai tempat untuk pemujaan. Candi ini adalah tempat pertapaan dikalangan para penganut kepercayaan asli Jawa atau yang disebut Kejawen. Satu spot yang sangat menarik dari candi ini yaitu gapuranya. Terkesan sangat estetik, seperti halnya di sejumlah pura yang ada di Pulau Bali.

10. Candi Tikus di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur

Inilah 10 Candi Paling Megah di Indonesia
Candi Tikus di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur

Bangunan dari Candi Tikus ini menyerupai tempat pentirtaan atau sebuah pemandian, yaitu sebuah kolam dengan beberapa macam bangunan dibagian dalamnya. Hal lain yang sangat menarik yaitu adanya 2 jenis batu bata dengan ukurannya yang berbeda-beda dan dipakai di dalam pembangunan candi ini. Kaki candi tikus terdiri dari beberapa susunan bata merah yang berukuran besar dengan ditutup beberapa susunan bata merah yang lebih kecil. Selain itu, pancuran air yang ada di candi ini juga terdapat 2 jenis, yaitu terbuat dari bahan dasar bata dan terbuat dari batu andesit.

No comments: