Inilah 7 Fakta Unik Tentang Suku Dayak di Kalimantan

Advertisement

Advertisement
Advertisement

Suku Dayak di Pulau Kalimantan memang dikenal sangat ramah dan juga bersahaja. Bahkan, mereka akan merasa terhina jika ada tamu yang berkunjung dan kemudian tidak dapat menjamunya dengan baik. Maka sangat tepat jika kita menjadikan Pulau Kalimantan sebagai tempat tujuan berwisata.

Kalimantan juga mempunyai eksotisme yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Nah, bila kamu ingin berkunjung ke suka Dayak di Kalimantan, pastikan kamu mengetahui adat istiadat dari masyarakat suku Dayak. Jangan sampai kamu salah dan juga terkesan tidak menghargai mereka. Berikut ini 7 fakta unik tentang suku dayak di Kalimantan.

1. Cermati eksotisme totem buatan mereka, luar biasa!


Eksotisme totem buatan suku dayak

Tidak perlu jauh-jauh ke Benua Amerika hanya untuk melihat totem suku Indian. Suku Dayak ternyata juga mempunyai kerajinan totemnya sendiri. Bentuknya juga beraneka ragam. Dijamin kamu terkagum-kagum melihatnya.

2. Keasrian lingkungan hidup masyarakat dayak tidak ada duanya


Keasrian lingkungan hidup masyarakat dayak

Masyarakat suku dayak sangat menghargai harmoni dengan alam sekitar. Sehingga, mereka tentunya akan sangat menjaga keasrian lingkungan. Bahkan mereka semua juga mempunyai cita rasa tersendiri di dalam berseni, sampai selaras dengan lingkungan disekitarnya. Suku Dayak juga pada dasarnya juga tidak suka dengan kekerasan. Walaupun begitu, mereka juga mempunyai ketegasan, terutama jika kedamaian hidupnya terusik sampai menimbulkan aroma peperangan. Nah jadi kamu jangan sampai melukai hatinya ya.

3. Gadis Dayak merupakan permata yang sangat berharga


Gadis Dayak merupakan permata yang sangat berharga

Permata yang sangat berkilau merupakan kiasan yang tepat untuk gadis suku Dayak. Kecantikannya pun sudah tidak diragukan lagi. Bagi mereka, para gadis suku Dayak bukanlah hanya menjadi calon istri yang hanya mengerjakan pekerjaan di rumah. Namun gadis Dayak merupakan permata yang sangat berharga dan harus dijaga dengan sebaik-baiknya.
Advertisement

4. Mereka sangat menghargai leluhur


Makam masyarakat suku dayak

Masyarakat suku Dayak sangat menghargai tentang estetika. Bahkan, makam orang yang sudah meninggal juga dihiasi oleh ukiran dan juga desain yang sangat cantik. Pada saat meninggal, masyarakat suku dayak tidak hanya dimakamkan ke dalam tanah. Mereka juga mempunyai desain kuburan yang berupa peti dengan disangga tiang. Unik bukan.

5. Mandau bukan hanya sebagai senjata, namun juga pusaka


Senjata tradisional Mandau

Mandau tidak hanya sebuah senjata. Benda satu ini adalah simbol dari keberanian dan juga kebangsawanan bagi suku Dayak. Mandau oleh suku dayak akan dirawat dengan sepenuh hati dan juga tidak dipakai secara sembarangan. Senjata ini hanya dapat dipakai saat kondisi terdesak yang mengharuskan si pemiliknya untuk membela diri ataupun untuk berperang.
Advertisement

6. Jangan menukar pemberian mereka dengan uang


Jangan menukar pemberian mereka dengan uang

Masyarakat suku dayak umumnya akan menjamu tamunya dengan setulus hati. Mereka tidak akan mengharapkan upah ataupun imbalan. Jika kamu mau membalas dari kebaikan mereka semua, jangan pernah untuk memberi uang, melainkan memberi sebuah barang atau sebuah kenang-kenangan.

7. Kunjungilah ketua adat atau panglima


Mengunjungi ketua adat atau panglima

Masyarakat suku dayak sangat menghargai para tamunya. Untuk itu, kita biasanya harus memperkenalkan diri kepada tuan rumah. Kunjungi ketua adat atau si panglima suku dan kemudian berkenalan. Setelah itu, jangan kaget jika kamu nanti bakal disambut dengan berbagai macam jamuan,seperti makanan, tarian selamat datang, tuak, dan upacara adat. Tentunya kamu jangan menolaknya, karena dapat melukai hati si tuan rumah.
Advertisement

No comments: