Inilah 5 Batik Kediri Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Batik merupakan salah satu warisan budaya asli Indonesia yang patut untuk dibanggakan dan juga perlu dilestarikan. Batik merupakan identitas dari bangsa Indonesia yang mencerminkan bentuk semangat Bhineka Tunggal Ika, dimana berbeda-beda namun tetap satu pendirian teguh. Kabupaten Kediri selain dikenal dengan citra khasnya sebagai kota tahu dan juga getuk pisang, ternyata juga mempunyai potensi yang sangat luar biasa di dalam hal kerajinan batik, bahkan dari segi kualitas produk, Batik khas Kediri ini tidak kalah baik dengan produk batik yang ada di daerah lain.

Nah berbicara mengenai batik kediri, berikut ini adalah 5 batik kediri yang harus kamu ketahui, diantaranya:

Daftar Isi

1. Batik Gumul

Batik Gumul

Batik Gumul merupakan motif batik khas kediri yang motifnya meniru monumen Simpang Lima Gumul (SLG), dimana monumen SGL tersebut merupakan ikon baru dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang menyerupai monumen di Prancis bernama L’ Arch D’triomph. Motif batik gumul sangat jarang ditemui, bahkan motif ini tidak ada di daerah manapun, kecuali hanya di Kediri sendiri, sebab monumen SLG ini hanya ada di Kabuapten Kediri.

2. Batik Bolleches

Batik Bolleches

Batik Bolleches merupakan motif khas kediri yang motifnya berupa bulatan-bulatan dan titik-titik. Kata bolleches (Bahasa Belanda) pada nama batik sendiri artinya adalah kumpulan titik-titik atau bola-bola kecil yang diterapkan dengan motif bunga tertentu atau motif legenda tertentu.

Batik Bolleches ini dibuat sekitar pada tahun 1980, sesudah menggali dari sisi sejarah, peninggalan arkeologis, dan perkembangan masyarakat di Kabupaten Kediri, sehingga pada akhirnya lahirlah Busana Kediren, yaitu berupa Batik Bolleches dengan nama "Garuda Muka". Batik ini merupakan motif batik yang sangat diminati, sebab motifnya yang sangat elegen dan cocok dengan kepribadian masyarakat Kediri yang ramah dan lembut.


3. Batik Garuda Muka Teratai Mekar

Batik Garuda Muka Teratai Mekar

Menurut kajian sejarah, Burung Garuda atau yang disebut juga dengan Garuda Muka merupakan kendaraan dari Dewa Wisnu. Selain itu, ada juga yang menyebut jika Garuda Muka (Garuda Mukha) ini merupakan Lambang dari Kerajaan Airlangga. Warna-warna batiknya yang sangat variatif dan perpaduan antara motif bergambarkan Garuda dengan lekukan garis-garis, sulur-suluran, dan juga titik-titiknya begitu luwes membuatnya banyak digemari dan bahkan dikenal sebagai salah satu souvenir khas Kabupaten Kediri.

4. Batik Garuda Muka Sekar Jagad

Batik Garuda Muka Sekar Jagad

Batik Garuda Muka Sekar Jagad merupakan batik khas kediri yang motifnya menampilkan sosok garuda. Selain sosok garuda, pada motif batik ini juga ada gambar kotak-kotak yang mewakili dari bentuk tahu, dimana Kabupaten Kediri sendiri merupakan penghasil tahu takwa. Selain itu, ada pula bulatan-bulatan sebagai penggambaran dari gethuk, dimana selain penghasil tahu, Kediri juga penghasil gethuk pisang.

5. Batik Kuda Kepang atau Kuda Lumping

Batik Kuda Kepang atau Kuda Lumping

Batik Kuda Kepang atau Kuda Lumping merupakan batik khas kediri yang motifnya mengmbil dari ikon kebudayaan asli Kediri, yaitu kuda kepang atau kuda lumping.

No comments: